News
·
29 November 2020 12:22

Kebun Raya Kuningan, Jabar, Miliki Ribuan Spesies Tanaman Koleksi

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Kebun Raya Kuningan, Jabar, Miliki Ribuan Spesies Tanaman Koleksi (8963)
Kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan. (Ciremaitoday)
Ciremaitoday.com, Kuningan – Lokasi penanaman bibit pohon di Kebun Raya Kuningan (KRK) yang dipilih Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil rupanya menyimpan ribuan spesies koleksi tanaman. Beberapa jenis tanaman unggulan itu diantaranya berupa Kemuning, Ambit dan Malaka.
ADVERTISEMENT
Aksi penanaman di kawasan KRK merupakan momentum Gerakan Nasional Pemulihan DAS di Jabar, sekaligus Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Pemprov Jabar. Kawasan KRK di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan ini, sekarang telah berusia lima tahun sejak diresmikan pada November 2015 lalu.
Sejak berdirinya KRK dikenal dengan Taman Tematik Bunga Kuning yang memiliki fungsi konservasi, penelitian, pendidikan lingkungan dan jasa lingkungan atau wisata. Kebun raya yang berada dibawah bimbingan LIPI (PKT Kebun Raya Bogor) ini memiliki luas sekira 156 hektar, terbagi kepada 9 zona dan mengembangkan 51 family tanaman.
Kepala UPTD Kebun Raya Kuningan, Asep Zulkarnaen saat dimintai keterangan persnya, Minggu (29/11/2020), menuturkan, pengelola akan terus berupaya untuk meningkatkan fungsi dan peningkatan kualitas tanaman koleksi dengan daya dukung berbasis SDM handal.
ADVERTISEMENT
“Sekarang di KRK telah dilakukan distribusi tugas, pokok dan fungsi tiap-tiap SDM pada setiap zonasi yang ada. Penanaman koleksi tanaman dibagi zonasi berdasarkan taksonomi, kedaerahan dan tematik,” terangnya.
Dia menyebutkan, kini jumlah tanaman yang ada di kawasan KRK terdiri dari 51 family, 268 species dan 1.744 spesimen. Bahkan terdapat pula 95 jenis dan 746 spesimen anggrek.
“Kalau untuk tanaman unggulan, kami memiliki Kemuning, Ambit dan Malaka,” imbuhnya.
Pihaknya mengaku, sekarang tengah gencar untuk mempromosikan kawasan KRK kepada lembaga pendidikan kaitan dengan wisata lingkungan. Sasaran yang dipilih adalah pengunjung dari kalangan pelajar sekolah baik PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga lembaga universitas.
“Kita sasaran kunjungan kedepan dengan target grup, nanti akan diarahkan pada berbagai kegiatan pendidikan lingkungan hidup,” tutupnya.(*)
ADVERTISEMENT