kumparan
19 Jun 2019 7:10 WIB

KNKT Usulkan Kabin Khusus untuk Pengemudi Bus demi Keamanan

Petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melakukan identifikasi bus Safari yang mengalami kecelakaan di tol Cipali KM 151. Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
ciremaitoday.com, Cirebon, - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berencana akan memberikan masukan kepada pemerintah dan pihak terkait agar membuat perlindungan atau kabin khusus bagi pengemudi armada bus. Hal ini disampaikan setelah KNKT melakukan investigasi di lokasi kejadian dan bangkai empat kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut Bus Safari di Tol Cipali yang menewaskan 12 orang.
ADVERTISEMENT
Masukan tersebut juga bertujuan agar melindungi hal-hal yang tidak diinginkan seperti insiden di bus Safari yang disebabkan oleh penyerangan seorang penumpang kepada sopir yang mengakibatkan kecelakaan maut itu terjadi.
Pimpinan tim investigasi KNKT, Achmad Wildan, mengatakan KNKT akan merekomendasikan ke Kemenhub agar sistem keamanan angkutan umum seperti bus, bisa meniru kereta, pesawat, dan kapal laut.
"Dengan adanya kabin khusus sopir bus, bisa menghindari hal-hal yang kemungkinan bisa mengganggu keamanan sopir yang bisa berdampak fatal seperti yang terjadi dalam insiden kecelakaan maut beruntun di Cipali," kata dia, Selasa (18/6). (*)
Penulis : Tomi Indra Priyanto
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan