kumparan
11 Desember 2019 8:46

Masyarakat Diminta Gunakan Internet untuk Tingkatkan Produktivitas

dave-3.jpg
Anggota DPR RI Komisi I Dave Akbarshah Fikarno Laksono. (Dok.ciremaitoday)
Ciremaitoday.com, Cirebon, - Kehadiran internet seperti pedang bermata dua. Bisa berdampak positif maupun sebaliknya, tergantung bagaimana internet itu digunakan.
ADVERTISEMENT
Namun, dewasa ini baru sebagian kecil masyarakat yang memanfaatkan internet dengan baik termasuk untuk meningkatkan produktivitasnya, baik dalam menekuni hobi, usaha, dan lainnya.
Anggota DPR RI Komisi I Dave Akbarshah Fikarno Laksono, mengatakan kebanyakan masyarakat Indonesia hanya sebatas pengguna saja belum memanfaatkan internet sebagai peluang baik untuk pengembangan diri maupun peluang usaha.
"Pengguna internet didominasi generasi muda, mereka belum bisa melihat peluang yang besar dibalik jaringan yang sangat luas," katanya, Rabu, (11/12/2019).
Ia menyatakan, pengguna internet saat ini hanya sebatas untuk berselancar di media sosial, bermain games, bahkan melihat situs dewasa.
"Kami melihat, masyarakat kita masih gemar melakukan hal-hal yang tidak produktif seperti bermain games, media sosial, dan banyak yang mengakses situs dewasa bahkan anak-anak pun dapat melihat gambar-gambar atau tayangan yang tidak sesuai dengan usianya, karena tidak didampingi orang tuanya," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, internet dapat digunakan untuk hal-hal positif seperti belajar, menekuni hobi, mencari pekerjaan, dan menciptakan peluang usaha.
"Diperlukan ide-ide kreatif dalam memanfaatkan internet, karena kita bisa belajar, bisa jualan, menulis, membuat konten video yang positif, dan lainnya yang bisa mendatangkan penghasilan," ungkapnya.
Sementara, Kepala Divisi Layanan TI untuk Masyarakat Kominfo RI Ari Soegeng Wahyuniarti mengatakan, di zaman serba terhubung ini siapapun bisa menjadi orang-orang yang berdampak baik dari segi finansial maupun pengetahuan.
Karena, setiap orang bebas mengeksplor keahliannya bahkan yang paling sederhana sekalipun, di dunia maya semua bisa menjadi mungkin.
"Misalnya ibu-ibu yang pinter masak bisa bikin video masak lalu diunggah ke youtube atau bikin vlog. Siapapun yang punya hobi atau keahlian sekecil apapun bisa menjadi orang besar asal tekun dan dapat membuat konten yang berguna di internet," katanya. (*)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan