News
·
23 Oktober 2020 18:18

Minimalisir Dampak Kecelakaan, Tol Cipali Dipasangi Kawat Baja

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Minimalisir Dampak Kecelakaan, Tol Cipali Dipasangi Kawat Baja (12922)
Wire rope terpasang di sepanjang jalan tol Cipali. (Juan)
Ciremaitoday, Cirebon - Jalan tol Cikopo - Palimanan (Cipali), Jawa Barat, kini dipasang pengaman berupa kawat baja atau wire rope yang dapat menahan beban kendaraan seberat 80 ton.
ADVERTISEMENT
Kawat baja dipasang di median jalan untuk mengantisipasi dan meminimalisir dampak kecelakaan. Pemasangan wire rope yang dilakukan sejak 2019 lalu, kini sudah mencapai 44 kilometer on progress 30 kilometer yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2020.
Head Corporate Communication ASTRA Tol Cipali Theresia Dyah mengatakan, peningkatan layanan ini termasuk dalam program 3E (Education, Engineering dan Enforcement) khususnya kepada pengguna jalan tol Cipali.
"Kami menargetkan sampai dengan akhir tahun 2021, di semua ruas Tol Cikopo hingga Palimanan sepanjang 116,75 kilometer akan terpasang pagar pengaman yang terdiri dari wire rope sepanjang 109 kilometer dan 7 kilometer terdiri dari MCB (Median Concrete Barrier) dan parapet jembatan atau dinding jembatan," katanya, Jumat (23/10/2020).

Target Selesai Sebelum Lebaran 2021

Selanjutnya pemasangan wire rope sepanjang 35 kilometer, diperkirakan akan selesai sebelum Lebaran tahun 2021. "Kami lakukan secara bertahap," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi terkait keamanan dan keselamatan berkendara melalui berbagai media luar ruang yang dipasang di sepanjang ruas jalan Tol Cipali.
"Melalui berbagai media sosial ASTRA Tol Cipali terus memberikan himbauan kepada para pengguna jalan agar selalu memperhatikan kondisi kendaraan dan juga kondisi fisik saat berkendara," pungkasnya.