kumparan
KONTEN PUBLISHER
13 Desember 2019 15:51

Pascaricuh Penertiban Lahan, Wali Kota Bandung Temui Warga Tamansari

20191213_Oded M Danial Wali Kota Bandung Tamansari (2).jpg
Wali Kota Bandung, Oded M Danial menemui dan berdialog dengan warga Kelurahan Tamansari terdampak penertiban lahan. (Humas Pemkot Bandung)
Ciremaitoday.com, Bandung - Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyambangi warga yang terdampak pengamanan aset di RW 11 Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019) malam.
ADVERTISEMENT
Sosok yang akrab disapa Mang Oded itu menyampaikan langsung permohonan maaf dan berjanji memfasilitasi warga yang terdampak.
Sebelumnya proses penertiban lahan di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan sempat ricuh setelah massa dari kelompok Solidaritas Tamansari menghadang petugas Satpol PP dan kepolisian yang hendak melakukan pengosongan sejumlah rumah warga, Kamis (12/12/2019).
20191213_Oded M Danial Wali Kota Bandung Tamansari (1).jpg
Wali Kota Bandung, Oded M Danial menemui dan berdialog dengan warga Kelurahan Tamansari terdampak penertiban lahan. (Humas Pemkot Bandung)
Oded mendatangi satu per satu warga yang ditampung di rumah kerabat ataupun tetangganya di Kelurahan Tamansari. Ia menyempatkan berdialog. Hasilnya, Oded berkomitmen untuk memberikan fasilitas sama meski mereka tidak termasuk dalam daftar 176 Kepala Keluarga (KK) yang sepakat pembangunan rumah deret.
Setelah berdiskusi, Oded dan warga sepakat akan menyewa rumah di sekitar Kelurahan Tamansari. Pemerintah Kota (Pemkot) memberikan fasilitas kontrak rumah selama satu tahun penuh.
ADVERTISEMENT
“Kita sudah ngobrol. Jadi solusi pertama, insyaallah mereka akan cari kontrakan masing-masing karena mereka tidak mau pindah ke Rancacili. Kita sudah sepakati sesuai sama dengan yang lain,” kata Oded seusai menjumpai warga di RW 11 Kelurahan Tamansari seperti dikutip dari rilis Humas Pemkot Bandung, Jumat (13/12).
20191213_Oded M Danial Wali Kota Bandung Tamansari (3).jpg
Wali Kota Bandung, Oded M Danial menemui dan berdialog dengan warga Kelurahan Tamansari terdampak penertiban lahan. (Humas Pemkot Bandung)
Lebih lanjut Oded menyatakan, warga ini juga siap sepakat dengan rumah deret. “Mereka juga sudah siap mengikuti kebijakan dari kami. Tapi terpenting mereka dapat kontrakan dulu,” tuturnya.
Oded juga meminta warga yang terdampak untuk sedikit bersabar, sebelum nantinya kembali menempati rumah deret Tamansari. Utamanya, sambung dia, terhadap 176 KK yang sudah sepakat dengan pembangunan rumah deret.
“Insyaallah pembangunan ini kita akan minta dipercepat diharapkan selesai,” cetusnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, salah seorang warga Rudi Sumaryadi yang sebelumnya belum sepakat dengan pembangunan rumah deret mengaku keberatan apabila harus direlokasi ke Rancacili. Karena, terlalu jauh dengan aktivitas dan sekolah anaknya.
“Anak saya masih sekolah dan usaha di sini. Pak Wali akan mencarikan dan kasih untuk kontrak,” ucap Rudi.
Rudi menyatakan fasilitas bagi yang terdampak ini diberikan secara keseluruhan oleh Pemkot Bandung. Warga RT 06 RW 11 ini juga berharap pembangunan rumah deret bisa segera selesai, sehingga bisa segera menempatinya.
“Alhamdulillah semua hak akan difasilitasi dan disesuaikan. Pak Wali tidak memilah yang PTUN atau tidak. Semua yang terdampak diakomodir dan mudah-mudahan bisa secepatnya,” katanya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan