PDIP Kabupaten Cirebon Borong 13 Kursi, Salip PKB dan Tumbangkan Hanura

Konten Media Partner
3 Maret 2024 21:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Rapat Pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 KPU Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/3) malam. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday
zoom-in-whitePerbesar
Rapat Pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 KPU Kabupaten Cirebon, Sabtu (2/3) malam. Foto: Tarjoni/Ciremaitoday
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciremaitoday.com, Cirebon-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon meraih kemenangan gemilang dalam Pemilu 2024 dengan menguasai mayoritas kursi legislatif. Total ada 13 kursi berhasil diborong oleh partai berlambang banteng tersebut.
ADVERTISEMENT
Kemenangan ini tentunya menggulingkan PKB yang sebelumnya menjadi pemenang Pileg 2019 lalu. Bahkan, tak mudah untuk memenangkan kursi terakhir di Dapil I, PDIP harus berjuang ekstra menghadapi Hanura dalam sengketa perolehan suara.
Setelah pencermatan ulang, suara Hanura berkurang hingga 260 suara, sedangkan PDIP hanya berkurang 10 suara. Dengan demikian, PDIP memenangkan kursi terakhir dengan selisih perolehan suara 325.
Pengurangan suara itu terjadi di sejumlah TPS Kecamatan Dukupuntang, Weru dan Sumber. Sementara untuk PDIP hanya berkurang 10 suara.
Dengan demikian, suara Hanura yang sebelumnya di angka 13.647 setelah dikurangi menjadi 13.287. Adapun untuk PDIP yang semula suaranya sebanyak 40.836 berkurang menjadi 40.826.
Adapun terkait sengketa itu, Ketua Bappilu PDI Perjuangan, Bejo Kasiyono, menegaskan bahwa upaya yang dilakukan PDIP adalah untuk mencari kejujuran dan kebenaran, bukan untuk memperkeruh jalannya sidang pleno rekapitulasi perolehan suara.
ADVERTISEMENT
"Harus diingat, PDIP bukan mengorek tapi mencari kejujuran dan kebenaran," kata Bejo Kasiyono, kepada wartawan Sabtu (2/3) malam.
Ia juga mengapresiasi partai-partai lain yang memberikan kelonggaran terhadap PDIP dalam penyelesaian sengketa perolehan suara.
Kemenangan PDIP Kabupaten Cirebon juga diungkapkan, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Sophi Zulfia. Kata dia, PDIP berhasil meningkatkan perolehan kursi legislatif dari 8 menjadi 13 kursi.
"Alhamdulillah, ini keberhasilan bersama. Dari semua unsur partai didalamnya terlibat," ujarnya.
Setelah meraih kemenangan, PDIP tidak ingin berlebihan. Mereka tetap fokus menatap masa depan, khususnya dalam menyongsong Pilkada Kabupaten Cirebon.
Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Dr Hj Sophi Zulfia SH MH menjelaskan Pemilu di tahun ini, PDIP berhasil menaikkan perolehan kursi legislatif. Sebelumnya, PDIP meraih 8 kursi di legislatif. Di Pemilu tahun ini, bisa meraih 13 kursi.
ADVERTISEMENT
Ada kenaikan cukup signifikan dari perolehan Pileg tahun sebelumnya. "Alhamdulillah, ini keberhasilan bersama. Dari semua unsur partai di dalamnya terlibat," katanya.
Setelah meraih kemenangan, PDIP pun tidak ingin bereuporia berlebih. Karena kontestasi, belum berakhir. "Setelah Pileg, kami harus terus menatap masa depan, menyongsong Pilkada Kabupaten Cirebon," pungkasnya.
Sementara itu, berikut daftar perolehan kursi di DPRD Kabupaten Cirebon yang kembali diraih oleh partai politik (parpol) yang sebelumnya mengisi kursi tersebut. Di antaranya adalah, PKB 9 kursi, Gerindra 7 kursi, Golkar 7 kursi, PKS 6 kursi, NasDem dan Demokrat masing-masing meraih 4 kursi, serta PDIP 13 kursi. (*)