News
·
19 Januari 2021 18:47

Pemkab Kuningan Wajibkan Wisatawan dari Luar Kota Bawa Surat Bebas COVID-19

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Pemkab Kuningan Wajibkan Wisatawan dari Luar Kota Bawa Surat Bebas COVID-19 (115355)
Petugas Satpol PP Kabupaten Kuningan mendata warga dari luar kota. (Andri Yanto)
Ciremaitoday.com, Kuningan - Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, telah membuka kawasan wisata. Khusus untuk pengunjung pengunjung atau wisatawan dari luar kota, maka wajib menunjukkan surat negatif COVID-19 hasil Rapid Test Antigen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pemerintah daerah menutup total aktivitas di kawasan objek wisata selama sepekan. Hal ini menyusul dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Kuningan.
Kepala Dinas Pemuda, Olaharaga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, Toto Toharudin menuturkan, jika pembukaan kawasan objek wisata ini akan dilakukan pengawasan oleh petugas. Nantinya, petugas berencana akan melakukan rapid tes terhadap pengunjung objek wisata.
“Hari ini kita melakukan monitoring dan evaluasi, melihat pelaksanaan protokol kesehatan di lokasi wisata apakah dilaksanakan atau tidak. Kita juga akan melakukan tes Rapid Antigen bagi pengunjung, sifatnya menawarkan apakah pengunjung bersedia atau tidak,” ujarnya, Selasa (19/1/2021).
Apabila merujuk pada SE Bupati Kuningan nomor 443/36/Huk tentang PPKM, bahwa obyek wisata di Kuningan pada tanggal 19-25 Januari 2021 akan dibuka khusus bagi wisatawan lokal.
ADVERTISEMENT
Bagi yang berasal dari luar Kuningan, wajib menunjukan surat keterangan hasil negatif uji Rapid Antigen atau PCR yang berlaku selama 14 hari sejak diterbitkan.
“Jadi objek wisata sudah dibuka tapi khusus untuk wisatawan lokal asal Kuningan. Bagi wisatawan luar Kuningan harus bawa hasil Rapid Antuigen,” tandasnya.
Dia menyebut, aturan tersebut akan diberlakukan sesuai dengan SE Bupati hingga tanggal 25 Januari 2021.