News
·
29 November 2020 11:07

Pemprov Jabar Telah Menanam 19 Juta Bibit Pohon dalam Setahun

Konten ini diproduksi oleh ciremaitoday
Pemprov Jabar Telah Menanam 19 Juta Bibit Pohon dalam Setahun (146948)
Gubernur Ridwan Kamil saat melakukan penanaman bibit pohon di kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK). (Ciremaitoday)
Ciremaitoday.com, Kuningan – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mencanangkan Gerakan Tanam Pelihara 25 juta bibit pohon di wilayah Jabar. Hal ini perlu dilakukan akibat banyaknya lahan-lahan gundul tersebar di Jabar.
ADVERTISEMENT
Bahkan hingga saat ini, Pemprov Jabar telah menanam sebanyak 19 juta bibit pohon dalam setahun. Hal itu diungkapkan langsung Gubernur Ridwan Kamil, saat mengunjungi Kebun Raya Kuningan (KRK) Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, Jabar, Sabtu (29/11/2020).
Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu menyebut, jika Pemprov melalui Diskominfo Jabar kedepan akan membuat aplikasi untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyumbangkan pohon. Ini merupakan kombinasi digital dan kepedulian terhadap lingkungan, bagi warga yang secara fisik tidak mampu hadir untuk menanam secara langsung.
“Sesuai Surat Edaran Gubernur nomor 52 Tahun 2020 telah menginstruksikan Gerakan Tanam Pelihara 50 juta pohon, hingga saat ini telah tertanam 19 juta pohon. Pencanangan gerakan menanam 50 juta pohon ini dilaksanakan, karena banyak terdapat lahan-lahan gundul di Jawa Barat yang menyebabkan longsor di sungai-sungai,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Ia mengaku, program itu juga mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Pasalnya, Presiden Jokowi akan menyumbang sebanyak 25 juta pohon untuk Gerakan Tanam Pelihara.
“Selama 1 tahun ini, Alhamdulillah sudah tertanam 19 juta pohon. Kami berharap tahun depan melebihi target, bisa diselesaikan salah satunya,” tukasnya.
Tak lupa, Kang Emil menyampaikan, ucapan terimakasih kepada warga yang telah menyumbang bibit pohon. Misalnya saja saat menikah menyumbang 10 bibit pohon, saat berulang tahun menyumbang satu bibit pohon dan ASN yang menerima promosi maupun mutasi jabatan memberikan 10 bibit pohon.

Kuningan Komitmen Wujudkan Kabupaten Konservasi

Sementara Bupati Kuningan H Acep Purnama menuturkan, jika Kuningan sudah dikenal menjadi Kabupaten Konservasi. Sesuai arahan Gubernur Jabar, kini pemerintah daerah terus berupaya menjaga amanah berupa hutan yang hijau agar bisa diwariskan kepada anak cucu.
ADVERTISEMENT
“Semoga hutan hijau bisa memberi manfaat pada masyarakat seperti diantaranya ketersediaan air, kesuburan tanah dan terhindar dari bencana alam,” harapnya.
Pemprov Jabar Telah Menanam 19 Juta Bibit Pohon dalam Setahun (146949)
Gubernur Ridwan Kamil saat berpose bersama Bupati Kuningan H Acep Purnama di kawasan Kebun Raya Kuningan. (Ciremaitoday)
Menurutnya, disamping sebagai wahana untuk mempromosikan eksistensi Kebun Raya Kuningan, pemilihan lokasi di Kebun Raya Kuningan juga sangat tepat. Sebab Kabupaten Kuningan sejatinya memiliki tempat representatif untuk melestarikan biodiversity (keanekaragaman hayati) dari ancaman kepunahan, sekaligus berfungsi sebagai obyek wisata, sarana edukasi dan penelitian.
“Dengan beralihnya kewenangan urusan kehutanan ke provinsi, pemerintah daerah siap menjadi mitra kolaborasi dan inovasi guna terciptanya hutan Jawa Barat Juara. Kita memiliki program Pengantin Peduli Lingkungan (Pepeling) yang sudah dicanangkan sejak tahun 2006, Aparat Peduli Lingkungan (Apel) dan Siswa Baru Peduli Lingkungan (Seruling),” tutupnya.(*)