kumparan
search-gray
News26 Februari 2020 18:30

Rifatuz Zuriyah Juara Lomba Membaca Berita LBSI 2020 Himadiksasi Unwir Indramayu

Konten Redaksi Ciremai Today
hima 3.jpeg
Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Wiralodra (Himadiksasi Unwir) Indramayu menggelar lomba bahasa dan sastra Indonesia (LBSI) 2020 yang digelar Rabu (26/02/2020) di kampus Unwir Indramayu. (Taufik)
Ciremaitoday.com, Indramayu, - Rifatuz Zuriyah, Pelajar SMPN Unggulan Sindang berhasil menjadi juara lomba membaca berita dalam lomba bahasa dan sastra Indonesia (LBSI) yang digelar Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Wiralodra (Himadiksasi Unwir) Indramayu.
ADVERTISEMENT
Sementara itu juara kedua diraih oleh Silvia Islamiyati dari SMP Juara Wirautama Patrol dan juara ketiga diraih oleh Asrini Meinurisa dari SMPN Unggulan Sindang.
Sementara itu untuk kategori SMA, juara lomba membaca berita disabet oleh Nawaluzzakiyah dari SMKN Kertajati Majalengka, posisi kedua diraih oleh Elva Rizkia dari SMA Kertajati Majalengka. Sementara juara ketiga diraih oleh Nisrina Ayuningtiyas dari SMAN 2 Kuningan.
Jerry Komara, salah seorang juri mengatakan, penilaian peserta dalam lomba membaca berita didasarkan atas intonasi, improvisasi, interpretasi berita dan vokal. "Secara umum peserta mampu menjadi pembaca berita yang baik. Mudah-mudahan tahun-tahun kedepan bisa ditingkatkan lagi kemampuannya," kata dia.
Agenda tahunan ini digelar pada Rabu, (26/02/2020) dengan mengusung tema “Bersatu dalam Bahasa mengekspresikan dengan Sastra. Pada LBSI kali ini ada beberapa Lomba yang akan dihelat diantaranya menulis Puisi, menulis Esai, membaca berita, balas pantun, musikalisasi puisi, debat, dan membaca puisi.
ADVERTISEMENT
Ketua Pelaksana, Nursito menyatakan, pada LBSI tahun ini, Himadiksasi mengadakan Lomba dengan kategori umum bukan hanya sekadar untuk pelajar.
“LBSI tahun ini bukan hanya diperuntukkan bagi pelajar saja, kami dari panitia membuka untuk umum juga yakni berupa lomba menulis puisi, dan menulis esai karena lomba tersebut dapat diikuti secara online. Untuk informasi lebih lanjutnya bisa menghubungi narahubung yang tertera pada poster yang sudah disediakan oleh panitia.” kata dia.
Nursito berharap dengan adanya lomba berkategorikan umum, dan pelajar tersebut para masyarakat khususnya pelajar dapat melestarikan dan memahami bahasa Indonesia, karena bahasa akan indah jika dirangkai , dan bahasa ada jika terus dilestarikan.
hima 1.jpeg
Pada LBSI kali ini ada beberapa Lomba yang akan dihelat diantaranya menulis Puisi, menulis Esai, membaca berita, balas pantun, musikalisasi puisi, debat, dan membaca puisi. (Taufik)
Panitia pelaksana, Uswanti juga selaku ketua umum Himadiksasi mengatakan lomba ini dapat membangun tumbuhnya kreativitas siswa yang memacu lahirnya minat baca dan menulis dikalangan pelajar dan masyarakat. Dia pun berharap LBSI ini bisa menjadi alat pengenalan kampus Universitas Wiralodra Indramayu.
ADVERTISEMENT
“Diharapkan dengan LBSI ini dapat memperkenalkan Universitas Woralodra untuk khalayak umum agar lebih dikenal secara luas,” kata Uswanti. (*)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white