Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Bantu Kembangkan UMKM Melalui Digital Marketing

Mahasiswa Untag Surabaya
Konten dari Pengguna
29 Juni 2022 18:19
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Clarisa Dwi Oktaviani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mahasiswa UNTAG Surabaya Membantu UMKM VR Perfumery Dalam Mengembangkan Usahanya Melalui Digital Marketing.
zoom-in-whitePerbesar
Mahasiswa UNTAG Surabaya Membantu UMKM VR Perfumery Dalam Mengembangkan Usahanya Melalui Digital Marketing.
ADVERTISEMENT
Surabaya, 29 Juni 2022 -Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari adanya wabah Virus Corona (Covid-19). Dengan begitu para pelaku UMKM harus berusaha keras dalam mengembangkan usaha akibat dari pandemi covid. Dampak dari adanya pandemi covid untuk pelaku UMKM adalah membuat daya jual beli dalam produk UMKM secara offline semakin menurun. Tak hanya itu mitra UMKM juga menghadapi permasalahan dalam usaha miliknya, yaitu kurang dikenalnya produk UMKM oleh masyarakat, kurangnya minat masyarakat kepada produk UMKM, serta kurang paham akan pentingnya digital marketing untuk promosi sebuah produk. Digital marketing sendiri sangat berpengaruh penting untuk alat promosi sebuah produk dengan melihat zaman sekarang yang telah memanfaatkan teknologi untuk segala kepentingan.
ADVERTISEMENT
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah salah satu kewajiban yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Kampus Untag Surabaya selalu melaksanakan kegiatan KKN setiap tahunnya. Namun, karena kondisi yang masih di era pandemi Covid-19 maka kegiatan KKN dilakukan secara mandiri di lingkungan sekitar rumah mahasiswa.
Pada kesempatan ini dan Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Saya Clarisa Dwi Oktaviani mahasiswi program studi Administrasi Publik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di bawah bimbingan bapak Dr. Drs. Teguh Priyo Sadono, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan ingin melakukan dan membantu UMKM khususnya mitra UMKM VR Perfumery dalam kegiatan KKN untuk mengembangkan UMKM guna meningkatkan daya jual dan minat masyarakat melalui digital marketing.
ADVERTISEMENT
Kegiatan KKN yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membantu mitra UMKM dalam mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan digital marketing sebagai alat promosi produk UMKM, mengingat zaman pada masa kini sangat mementingkan dan menggunakan kemajuan teknologi dalam berbagai kebutuhan. Hal ini diharapkan dapat membantu mitra UMKM agar dapat memenuhi target penjualan di setiap harinya, membuat produk UMKM semakin dikenal oleh masyarakat luas, serta tetap semangat dalam menjalankan usahanya.
Pelaksanaan kegiatan KKN dengan tema “Pengembangan UMKM” ini dilaksanakan di lingkungan RT 04 / RW 05, Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya dengan mitra UMKM VR Perfumery. Program kerja yang dilaksanakan dalam kegiatan KKN ini diantaranya adalah Mendampingi dan memberikan arahan tentang upaya strategi pemasaran menggunakan cara yang modern agar produk lebih dikenal oleh masyarakat dan meningkatkan pendapatan.
ADVERTISEMENT
Program kerja selanjutnya yaitu Memberikan dan membuat inovasi terbaru pada produk berupa packaging kardus yang menarik, logo untuk produk, dan juga segel box. Tidak hanya disitu program kerja berikutnya adalah membuatkan akun market place seperti Shopee dan Toko Pedia. Kemudian program kerja yang terakhir adalah mendampingi mitra dalam membuat video konten promosi untuk produk agar mudah di kenal oleh masyarakat luas.
Dengan adanya pelaksanaan program kegiatan KKN ini diharapkan dapat membantu UMKM VR Perfumery dalam mengembangkan UMKM dan meningkatkan penjualan produk UMKM nya melalui digital marketing.
#KitaUntagSurabaya
#UntukIndonesia
#UntagSurabayaKeren
#EcoCampus
#KampusKompeten