Bisnis
·
26 April 2021 14:30

Dermawannya Muslim Terkaya di Afrika Ini, Bagi Modal Usaha ke 106 Ribu Orang

Konten ini diproduksi oleh Crazy Rich
Dermawannya Muslim Terkaya di Afrika Ini, Bagi Modal Usaha ke 106 Ribu Orang (209222)
Aliko Dangote/Instagram/@memes_football_rwanda
Deretan orang terkaya memang tak ada habisnya. Mereka yang memiliki berbagai usaha dan bergelimang harta tentu saja tak lupa dengan kewajibannya untuk memberikan sebagian rezekinya kepada yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Terlebih lagi bagi umat muslim yang mana segala kekayaan wajib untuk diberikan zakatnya dan rajin-rajin bershodaqoh. Kisah berbagi para pengusaha-pengusaha pun kadang menjadi sorotan berbagai media karena nominalnya yang luar biasa.
Salah satunya datang dari orang terkaya di Afrika yaitu Aliko Dangote. Aliko Dangote merupakan seorang pengusaha muslim pemilik Dangote Group yang bergerak di bidang komoditas dan memiliki daerah operasi di Nigeria dan sejumlah negara di Afrika.
Karena usahanya ia memiliki kekayaan bersih mencapai USD11,8 miliar setara dengan Rp169 triliun. Dengan pundi-pundi kekayaan melimpah, membuat Aliko memiliki jiwa dermawan yang luar biasa. Ia pun mendirikan Yayasan bernama Aliko Dangote Foundation.
Lewat yayasannya ia menghibahkan hartanya yang sebesar USD 3,6 juta yaitu setara dengan Rp50, 39 miliar untuk 106 ribu wanita miskin di wilayah Nigeria utara. Pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kelanjutan dari program Hibah Mikro yang ditujukan untuk perbaikan kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi wanita.
ADVERTISEMENT
Program ini telah berjalan sejak tahun 2011 dengan dana USD 30 juta setara dengan Rp425 miliar. Selain uang, program tersebut akan memberikan pelatihan pada para peserta yang mendapatkan penghasilan dari berbagai kegiatan.
Dermawannya Muslim Terkaya di Afrika Ini, Bagi Modal Usaha ke 106 Ribu Orang (209223)
Aliko Dangote Foundation/Instagram/@alikodangotefoundation
Sejauh ini yayasannya telah memberikan puluhan juta dollar selama bertahun-tahun untuk membantu dalam bidang pendidikan, seni, kesehatan, dan bantuan kemanusiaan. Pihak ADF juga memberikan USD20 setara dengan Rp283 juta pada The Africa Centre.
Selain itu, ia juga mendonasikan kekayaannya sebesar USD 3,5 juta atau Rp4,8 miliar ke perguruan tinggi setempat yaitu Bayero University. Dana tersebut rencananya akan digunakan untuk membangun sekolah bisnis baru yang akan diberi nama Dangoste Business School. Ia ingin mendukung pendidikan tinggi di Nigeria.
Bersumber dari majalah bisnis Forbes, Aliko Dangoste pada tahun 2017 menjadi orang paling kaya se-Afrika. Aliko lahir dari dari keluarga muslim yang kaya yitu putra dari Mohammed Dangote. Ia jug merupakan cicit dari Alhaji Alhassan Dantata, orang terkaya di Afrika Barat.
ADVERTISEMENT
Sedari kecil ia memang sangat tertarik dengan dunia bisnis maka tak heran di usianya menginjak 60 tahun ini ia menjadi salah satu pengusaha kaya raya. Ia pun terkenal rajin beramal dengan memberikan berbagai donasi untuk mendukung pendidikan, peretasan kemiskinan, kesehatan, dan lain sebagainya.
Ia memiliki 90 persen saham Dangote Cement yang diperdagangkan secara publik melalui perusahaan induk. Perusahaannya merupakan produsen semen terbesar di benua Afrika. Semen Dangote menghasilkan 44 juta metrik ton per tahun dan berencana untuk terus meningkatkan produksinya.
Diketahui, lewat berbagai kegiatan amal dan yayasannya, ia telah menghabiskan Rp1,32 trilun atau USD100 untuk beramal. Donasi tersebut disalurkan pada badan-badan amal yang dibantunya dan bergerak di bidang penanganan banjir, layanan kesehatan, dan pengangguran kemiskinan.
ADVERTISEMENT