Bisnis
·
12 Mei 2021 13:35

Kisah Thalhah Bin Ubaidillah Saudagar Sukses Kaya dan Tak Pernah Ingkar Janji

Konten ini diproduksi oleh Crazy Rich
Kisah Thalhah Bin Ubaidillah Saudagar Sukses Kaya dan Tak Pernah Ingkar Janji (177834)
searchPerbesar
Ilustrasi kisah Thalhah bin Ubaidillah/Freepik.com
Kisah-kisah sahabat Nabi SAW memang patut diteladani. Salah satunya adalah Thalhah Bin Ubaidillah. Ia merupakan sahabat Nabi yang masuk dalam jajaran orang yang masuk islam pertama kali. Ia juga masuk dalam daftar orang yang dijanjikan surga oleh Rasulullah SAW.
ADVERTISEMENT
Nama lengkapnya adalah Thalhah bin Ubaidillah Usman bin Kaab bin Said. Ia juga memiliki julukan burung elang saat perang uhud berlangsung. Ia memiliki profesi sebagai saudagar. Sejak muda, Thalhah dikenal sebagai seorang yang pandai dalam berniaga.
Ia memiliki strategi dalam berdagang, cerdas, pintar, dan bijak dalam berniaga. Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimahnya membawa Riwayat bahwa pada zaman khalifah Usman bin Affan perolehan niaga Thalhah di Iraq saja sudah mencapai 1000 dinar per hari. Ia juga memiliki banyak ladang di Madinah.
Karena kepiawaiannya dalam berdagang ia juga termasuk dari kalangan sahabat Nabi yang paling kaya sebaris dengan Abdul Rahman bin Auf, Usman bin Affan, dan Zubair al Awwam. Thalhah merupakan seorang yang rajin dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.
ADVERTISEMENT
Kegigihan tersebut dibawa sebelum ia masuk islam. Ia adalah seorang yang berdikari dan tidak mau bergantung pada orang lain. Karena kepiawaiannya dalam berniaga ia memiliki banyak harta seperti penghasilan kesehariannya dari gandum mencapai 1000 dirham, memiliki beberapa tanah, ternak, dan uang tunai sebesar 30 juta dirham.
Saat wafatnya ia meninggalkan uang tunai 2 juta 200 ribu dirham dan 200 ribu dinar yang selebihnya berupa lahan, ternak, dan barang. Seluruh uang tunai dan perkebunannya terhitung mencapai 30 juta dirham. Tak hanya itu ia juga mewariskan 100 kulit sapi jantan yang dipenuhi dnegan kepingan emas yang mana masing-masing terdapat 300 pon (0.455 kg) emas.
Kisah Thalhah Bin Ubaidillah Saudagar Sukses Kaya dan Tak Pernah Ingkar Janji (177835)
searchPerbesar
Ilustrasi Kekayaan Thalhah/Freepik.com
Riwayat lain menyebutkan pada ath Thabaqat al Kubra, Ibn Sa’ad, Juz 3 hal 222 mengutip jumlah seluruh kekayaan Thalhah tunai dan non-tunai adalah 30 juta dirham setara dengan Rp116 miliar.
ADVERTISEMENT
Menjadi saudagar yang pintar dan kaya raya, Thalhah juga merupakan seorang yang dikenal jujur, tidak pernah menipu, berkhianat, dan selalu menepati janji. Kekayaannya yang melimpah selalu ia habiskan untuk jalan Allah.
Thalhah merupakan seorang yang dermawan dan selalu ia sedekahkan. Ia bahkan pernah menjual sebidang tanah seharga 700 ribu dirham. Hasil dari penjualannya tersebut ia bagikan keesokan harinya pada orang-orang yang membutuhkan.
Thalhah pun memanggil para sahabatnya dan membawa hartanya berkeliling di jalan kota Madinah untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan. Thalhah termasuk salah satu di antara beberapa orang yang loyal tetap tinggal di sekeliling Nabi SAW di tengah-tengah pertempuran setelah gempuran pasukan Quraisy (yaman banyak kaum Muslimin yang melarikan diri)
ADVERTISEMENT