Bisnis
·
15 September 2021 13:05
·
waktu baca 2 menit

Terlanjur Kaya, Konglomerat Ini Bayar Utang 400 Mahasiswa dan Wali Muridnya

Konten ini diproduksi oleh Crazy Rich
Terlanjur Kaya, Konglomerat Ini Bayar Utang 400 Mahasiswa dan Wali Muridnya (109236)
searchPerbesar
Ilustrasi wisuda. Foto: Shutter Stock
Murid lulusan Morehouse College 2019 menjadi saksi saat Robert Smith menggelontorkan uangnya untuk membayar utang mereka. Seorang investor miliarder ini hadir di hari kelulusan mereka dan membuat pidato pembukaan yang mengejutkan.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari CNBC, Robert Smith merupakan investor, filantropis, dan pengusaha swasta Vista Equity Partners. Ia adalah seorang berkulit hitam yang memberikan bantuan tersebut pada mahasiswa Morehouse College, perguruan tinggi kulit hitam historis yang semuanya laki-laki dan berlokasi di Atlanta.
Saat membacakan pidatonya, ia mengumumkan akan melunasi utang untuk 400 siswa yang lulus hari itu.
"Keluarga saya memberikan hibah untuk menghilangkan pinjaman siswa yang lulus, " kata Smith. "Mari kita pastikan setiap kelas memiliki kesempatan yang sama untuk maju, karena kita cukup untuk menjaga komunitas kita sendiri" sambungnya.
Total hadiah sekitar USD 34 juta setara dengan Rp 476 miliar ini membuat banyak orang kaget dan berdiri seketika. Menurut Smith, adanya hutang pelajar kemungkinan akan memaksa lulusan Morehouse untuk menunda membeli rumah dan memperlambat perolehan kekayaan.
ADVERTISEMENT
Di antara anggota kelas kelulusan tahun ini adalah Kamal Medlock. Sama seperti temannya yang lain, ia menggila saat pengunguman tersebut disebut.
"Ketika Robert Smith mengucapkan kata-kata itu, semua teman sekelas saya ternganga. Kami terdiam," kata Medlock dalam sebuah wawancara dengan NPR. "Kami terkejut."
Medlock mengatakan dia memiliki sekitar USD 80.000 pinjaman sekolah atau Rp 1 miliar antara dia dan ibunya. Janji Smith telah mengilhami dia untuk memikirkan cara untuk membayarnya di masa depan.
"Dia ingin kita mulai menghadiahkannya, dan saya pikir itu hal yang luar biasa, karena itu benar-benar menunjukkan pria kulit hitam merawat pria kulit hitam lainnya," kata Medlock.
Smith mengatakan dia kewalahan dengan tanggapan yang dia dapatkan dari siswa dan keluarga mereka setelah donasinya. “Itu adalah salah satu ekspresi terindah yang pernah saya lihat tentang jiwa manusia, yang dibebaskan secara massal,” kenang Smith. "Itu sangat indah."
ADVERTISEMENT
Kekayaan Smith saat ini berasal dari perusahaan dan investasi di perusahaan perangkat lunak. Jika diakumulasikan, harta bersih nya mencapai USD 5 miliar atau Rp 72 triliun.
Smith adalah orang Afrika-Amerika pertama yang menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang dimulai oleh Bill dan Melinda Gates dan Warren Buffett yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk berkomitmen mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan filantropi.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white