Bisnis
·
31 Oktober 2020 15:13

Tukang Kayu Ini Bangun Rumah Mainan Seharga Rp 124 M, Diburu Crazy Rich Dunia

Konten ini diproduksi oleh Crazy Rich
Tukang Kayu Ini Bangun Rumah Mainan Seharga Rp 124 M, Diburu Crazy Rich Dunia (16426)
Astollat Dollhouse Castle (Foto: Tristanrobin)
Jika Anda punya uang seratus miliar rupiah, apa yang akan Anda beli? Kemungkinan, Anda akan memasukkan satu unit rumah mewah ke dalam daftar belanja Anda, bukan? Bahkan, dengan setengah miliar saja Anda sudah bisa membeli satu unit rumah.
ADVERTISEMENT
Jika dengan uang setengah miliar Anda sudah bisa membeli satu unit rumah betulan, maka pasti Anda kaget jika Anda memerlukan ratusan miliar untuk membeli rumah mainan.
ah miliar Anda sudah bisa membeli satu unit rumah betulan, maka pasti Anda kaget jika Anda memerlukan ratusan miliar untuk membeli rumah mainan.
ah miliar Anda sudah bisa membeli satu unit rumah betulan, maka pasti Anda kaget jika Anda memerlukan ratusan miliar untuk membeli rumah mainan.
Ya, di Nassau County Museum of Art, New York, Amerika Serikat, dipamerkan sebuah rumah mainan berbahan kayu yang harganya mencapai 8,5 juta dolar AS atau senilai Rp 124 miliar (kurs: Rp 14.590).
Rumah mainan itu bernama Astollat Dollhouse Castle. Ukurannya miniatur, tetapi lumayan besar untuk ukuran "mainan". Beratnya mencapai 363 kilogram. Tingginya kurang lebih 2,7 meter.
ADVERTISEMENT
Di dalamnya terdapat 29 ruangan mini yang dilengkapi dengan hampir 10.000 pernak-pernik buatan tangan macam furniture, jendela, pintu, dan pernak-pernik lain layaknya rumah sungguhan.
Tukang Kayu Ini Bangun Rumah Mainan Seharga Rp 124 M, Diburu Crazy Rich Dunia (16427)
Tampak pernak-pernik miniatur yang dibuat dengan sangat detail (Foto: Tristanrobin)
Tak hanya itu, selain dibuat dari kayu yang usianya sudah lebih dari 50 tahun, Astollat Dollhouse Castle juga dilapisi emas di beberapa pernak-pernik miniaturnya. Pantas saja harganya menyentuh angka miliaran.
Rumah boneka itu dibuat sekitar tahun 1974 hingga 1987 oleh seorang pengrajin kayu bernama Elaine Diehl. Elaine membangun rumah miniatur itu mengaku terinspirasi dari puisi seorang penyair Inggris, Alfred Tennyson.
Puisi ciptaan Alfred Tennyson itu menceritakan mengenai Lady Astollat atau di beberapa tempat disebut Lady of Shalott. Shalott atau Astollat merupakan nama dari sebuah kastil legendaris di sebuah kota di Britania Raya.
ADVERTISEMENT
Dari kisah dalam puisi tersebutlah si tukang kayu membuat mainan super mahal ini. Beberapa sumber bahkan menyebutkan kalau Elaine perlu bantuan beberapa seniman dari berbagai belahan dunia untuk membangun miniatur tersebut.
Pada 1996 silam, rumah mainan super mahal ini jatuh ke tangan seorang kolektor mainan, L. Freeman. Ia kemudian melepas mainan bersejarah itu ke Nassau County Museum of Art yang berdiri di New York.
Hingga hari ini, Astollat Dollhouse Castle terus diburu oleh banyak kolektor dan orang-orang super kaya yang bingung menghabiskan uangnya dari berbagai negara.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white