Sejarah Perkembangan Akuntansi

Semester 6 Program Studi Ilmu Akuntansi Universitas Pamulang. Follow instagram saya @cresentiaap
Konten dari Pengguna
17 September 2022 10:51
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Cresentia Ayu Putri tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/id/photos/kalkulator-perhitungan-pertanggungan-1044173/
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/photos/kalkulator-perhitungan-pertanggungan-1044173/
ADVERTISEMENT
Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Sejarah akuntansi dimulai sejak manusia mengenal menghitung uang dan menggunakan pencatatan.
ADVERTISEMENT
Sejarah lahirnya praktik akuntansi, bisa dilacak sejak masa Mesir Kuno pada tahun 3200 sebelum Masehi. Saat itu, telah dikenal dua teknik akuntansi yang berlaku pada waktu yang bersamaan. Teknik pertama adalah sejenis koin dengan bentuk tertentu yang disimpan dan ditandai, serta kemudian di masukkan ke dalam amplop.
Sementara teknik yang kedua menggunakan sejenis token yang disimpan dalam bentuk lebih besar dengan berbagai jenis yang lebih kompleks dibandingkan dengan koin. Selain itu, berdasarkan penjelasan dalam buku Teori Akuntansi (2005: 27), catatan mirip akuntansi juga ditemukan di reruntuhan tembok bangunan dari peradaban Babilonia yang diperkirakan ditulis pada tahun 4000 SM. Catatan akuntansi dalam bentuk sederhana juga ditemukan pada sisa-sisa peninggalan peradaban Yunani Kuno dan Roma Kuno.
ADVERTISEMENT
Namun, akuntansi pada masa ratusan abad silam tersebut masih bersifat pencatatan dan belum dapat disebut sebagai ilmu akuntansi. Baru kemudian pada tahun 1494 sistem pencatatan akuntansi lebih sistematis diperkenalkan Luca Paciolo, seorang ahli matematika berkebangsaan Italia. Nama lengkapnya Fra Luca Bartolomeo de Pacioli, dan sering pula disebut dengan Luca Pacioli.
Ilmu akuntansi ditemukan pertama kali oleh matematikawan bernama Luca Pacioli pada tahun 1494. Ia merilis buku berjudul Summa de Arithmatica, Geometrica Proportioni et Propotionallia. Dalam buku tersebut, ada satu materi "Tractatus de Computies et Scriptoris" tentang pembukuan berpasangan. Materi tersebut yang merupakan cikal bakal berkembangnya akuntansi. Tidak lama setelah buku itu dipublikasikan, ilmu akuntansi mulai diterapkan di Italia, sebelum akhirnya menyebar ke berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, Luca Pacioli disebut Bapak Akuntansi Dunia.
ADVERTISEMENT
Pada awal munculnya, akuntansi tidak memiliki nama, tetapi disebut sistem pembukuan berpasangan. Awal mula munculnya sistem ini pertama kali ditemukan di Eropa Barat. Di sanalah penemunya pertama kali menyebarkannya sebagai pendidikan bagi para pebisnis. Tetapi setelah beberapa saat, sistem pembukuan double-entry menjadi terkenal di banyak negara besar lainnya. Namun, hal itu juga menggunakan nama lain di negara-negara seperti Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, sistem akuntansi berganti nama menjadi sistem Anglo-Saxon.
Secara garis besar menurut saya sejarah akuntansi atau sistem pencatatan di Dunia sudah di mulai sejak 300SM. Dari masa sistem pemerintahan pertama di dunia yaitu pada zaman peradaban Samaria sudah di temukan pembuatan catatan usaha tertua. Berikutnya pada semua perdaban-peradaban kuno di Dunia seperti Mesir,Cina,Yunani dan Roma juga sudah mengenal sistem pencatatan.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·