kumparan
10 Agu 2019 16:44 WIB

Hari Arafah, Penanda Puncak Ritual Haji

Jemaah haji berkumpul di Padang Arafah. Foto: REUTERS/Zohra Bensemra
Hari Arafah adalah hari yang istimewa. Pada hari yang bertepatan pada tanggal 9 Zulhijah tersebut, Allah SWT membanggakan semua hamba-Nya yang berkumpul di Gunung Arafah kepada para malaikat.
ADVERTISEMENT
Pada hari Arafah, seluruh jemaah haji berkumpul untuk menjalankan wukuf. Wukuf adalah puncak dari ritual ibadah haji. Bila seorang jemaah haji tak melakukan wukuf, maka ibadah haji yang dijalankannya menjadi tidak sah. Hal ini berdasarkan perkataan Nabi Muhammad SAW, “Ibadah haji adalah (wukuf) di Arafah.” (HR At-Tirmidzi)
Bagi umat Islam yang tidak sedang berhaji, tetap mendapatkan kemuliaan di hari Arafah. Kemuliaan tersebut adalah dengan menjalankan ibadah puasa. Ya, puasa Arafah dapat menghapus dosa setahun sebelumnya, dan dosa setahun sesudahnya.
صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ، أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ، وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ
“Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah dapat menghapus dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya.” (HR. Muslim)
Anjuran Kurban
ADVERTISEMENT
Setelah melewati hari Arafah, maka umat Islam akan merayakan Iduladha. Hari raya ini memperingati peristiwa qurban, yaitu momentum saat Nabi Ibrahim bersedia untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail, untuk Allah. Namun lantas Allah SWT menggantinya dengan domba.
Nabi Muhammad SAW juga melaksanakan kurban setiap tahun. Hewan yang dikurbankannya mulai dari kambing hingga puluhan ekor unta. Rasulullah SAW juga menyembelih hewan kurbannya menggunakan tangannya sendiri.
“Nabi menyembelih dua ekor kambing belang (putih hitam) dan bertanduk, lalu beliau membaca basmallah dan bertakbir. Sungguh aku telah melihat beliau menyembelih hewan kurbannya dengan tangannya sendiri sambil meletakkan kakinya di atas leher hewan kurbannya”. (HR. Ibnu Majah)
Ritual penyembelihan hewan qurban dilakukan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijah setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Mari kita bersama-sama meneladani ajaran Nabi Muhammad Saw tentang kurban. Oleh karenanya, kami mengucapkan: Selamat hari raya Iduladha 1440 Hijriah dan selamat berkurban. Semoga Allah SWT menerima ibadah kurban kita semua. Amin.[]
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan