• 8

Yogyakarta Menjadi Tuan Rumah Pesta Rakyat Istimewa

Yogyakarta Menjadi Tuan Rumah Pesta Rakyat Istimewa


Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI

Persiapan Pesta Rakyat Istimewa BNI (Foto: Deanda Dewindaru/kumparan)

Siapa yang tidak menyangkal bahwa Yogyakarta adalah tempat istimewa? Sesuai dengan namanya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tempat Sultan Hamengkubuwono X bertahta ini menjadi salah salah satu daerah yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dan tentunya, Yogyakarta menyiratkan kenangan bagi para warganya.
Tak hanya kenangan, budaya Jawa yang kental masih melekat di rakyatnya. Kota yang terkenal akan gudeg menjadikan tempat ini lebih istimewa dan selalu dikenang bagi yang berkunjung. Hal ini patut dirayakan bagi warga Yogyakarta. Oleh karena itu, Bank Negara Indonesia (BNI) akan menyelenggarakan Pesta Rakyat Istimewa, Minggu (13/8).
Menurut Wakil Ketua Panitia Pesta Rakyat Istimewa Saqariza Q. H., alasan Yogyakarta menjadi tuan rumah acara tersebut karena Yogyakarta adalah salah satu daerah yang memiliki sejarah istimewa.
“Ketika kita menyebutkan kemerdekaan Indonesia, Yogyakarta memiliki peran penting dalam kemerdekaan Indonesia, dan ini juga persis dengan BNI. BNI dulu ketika pembentukan tahun 1946 peresmiannya di Bank Indonesia ini (Yogyakarta),” ucap pimpinan Group Head of Business Performance and Channel Management BNI.

Baca Juga :


    Tugu Yogyakarta

    Tugu Yogyakarta (Foto: Wikimedia)
    Saqariza menambahkan, pada saat itu, BNI dikukuhkan pada 5 Juli 1946 dan berfungsi sebagai bank sentral, sama dengan Bank Indonesia. Seiring berjalannya waktu, BNI menjadi bank milik pemerintah pertama yang didirikan oleh Indonesia. Dan secara langsung, Bank BNI mempunyai rekam jejam yang konkret terhadap perjuangan bangsa ini.
    “Bank BNI lahirnya saja pada tahun 1946. Masih masa nasionalisme, masa perjuangan revolusi sehingga filosofi selalu ingin dekat dengan rakyat terus ingin berkontribusi pada nasional. Sekarang adalah salah satu konkretnya, tidak hanya wacana saja,” tutur Saqariza.
    Pesta Rakyat Istimewa merupakan salah satu program BUMN Hadir untuk Negeri (HUN) tahun 2017 dan telah diselenggarakan sejak 2015. Pada tahun ini, BNI ditunjuk oleh Kementerian BUMN menjadi koordinator pelaksana program Pesta Rakyat Istimewa.

    NewsBNIYogyakartaPesta Rakyat Istimewa

    500

    Baca Lainnya