Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Global dalam Kurikulum Pendidikan di Abad 21

Deden Nurzaman
Hallo perkenalkan nama saya Deden Nurzaman. saya adalah seorang mahasiswa dari Universitas Pamulang.
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 11:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Deden Nurzaman tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi lambang pancasila (sumber: https://pixabay.com/id/)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi lambang pancasila (sumber: https://pixabay.com/id/)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pendidikan kewarganegaraan global memainkan peranan penting dalam membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran global, keterampilan berpikir kritis, dan empati antarbudaya. Dalam konteks perubahan global yang cepat di abad 21, pendidikan kewarganegaraan global menjadi urgensi yang harus dipenuhi dalam kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Manfaat dari pembelajaran pendidikan kewarganegaraan
Pendidikan kewarganegaraan global membantu siswa memahami kompleksitas isu global, seperti isu lingkungan, ketidaksetaraan sosial-ekonomi, dan konflik internasional. Dengan demikian, siswa dapat menjadi warga negara global yang kompeten dan berempati, serta dapat berkontribusi secara positif dalam menyelesaikan masalah global.
Tantangan yang akan dihadapi
Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam integrasi pendidikan kewarganegaraan global ke dalam kurikulum PPKn, seperti keterbatasan sumber daya dan resistensi terhadap perubahan kurikulum. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran yang mencakup perspektif global, dengan mengadopsi pendekatan multidisipliner dan kolaboratif.
Rekomendasi pengembangan sumber daya pendidikan
Rekomendasi untuk praktik pendidikan termasuk pengembangan sumber daya pendidikan, pelatihan guru, dan kerja sama internasional untuk mendukung implementasi pendidikan kewarganegaraan global dalam kurikulum PPKn. Dengan demikian, siswa dapat menjadi warga negara global yang kompeten dan berempati, serta dapat berkontribusi secara positif dalam menyelesaikan masalah global.
ADVERTISEMENT
Kesimpulan
Dalam kesimpulan, pendidikan kewarganegaraan global dalam kurikulum PPKn di Indonesia sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki kesadaran global, keterampilan berpikir kritis, dan empati antarbudaya. Dengan demikian, siswa dapat menjadi warga negara global yang kompeten dan berempati, serta dapat berkontribusi secara positif dalam menyelesaikan masalah global.
Deden Nurzaman, mahasiswa Teknik Informatika UNPAM.