kumparan
12 Sep 2019 1:58 WIB

Bagi Pemula, Ketahui Berbagai Cara Setek Tanaman Berikut!

Ingin membuat tanaman di hunianmu tumbuh subur dan rimbun? Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan melakukan metode setek menggunakan potongan dari tanaman itu sendiri sehingga menjadi akar dan tumbuhan baru yang sifatnya identik seperti tanaman induk dari segi kelebatan daun, pertumbuhan bunga maupun jumlah buah yang dihasilkan.
ADVERTISEMENT
Adapun, metode setek dilakukan karena sifat totipotensi di mana setiap sel tanaman dapat membelah menjadi sel baru. Nah, buat kamu yang penasaran dengan cara setek tanaman ini, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Metode Setek Batang

immediate.co.uk
Setek batang merupakan salah satu metode yang paling sering dilakukan para petani karena memerlukan proses yang cukup sederhana. Untuk melakukannya, kamu bisa memotong bagian batang tumbuhan yang sudah berumur tua untuk ditanam menjadi akar dan tumbuhan yang baru.
Untuk tanaman berukuran pendek seperti rempah-rempah, praktik dari metode setek batang dilakukan dengan jarak satu ruas jari dari pucuk. Sementara untuk tumbuhan berukuran tinggi, satu lengan batang dari bagian pucuknya yang dipotong dengan teknik miring.
ADVERTISEMENT
maximumyield.com
Metode setek batang terbagi dalam beberapa jenis batang pohon, yakni hardwood untuk tanaman dengan batang berkayu keras, semi-hardwood untuk tanaman dengan batang berkayu setengah keras, softwood untuk tanaman dengan batang kayu lunak, serta herbaceous untuk rempah-rempah dan tanaman herbal.

Cara Setek Batang Pohon Singkong

google.com
Salah satu tanaman yang bisa dilakukan metode setek batang adalah singkong. Pertama, pilih bibit berupa batang tanaman singkong yang subur, berusia sekitar 10 bulan, memiliki ukuran batang yang besar dengan mata tunas yang rapat, lalu potong batang berukuran 20 cm dengan teknik miring.
Kemudian, pilih area tanam dengan tanah yang gembur dan tidak becek. Setelah itu, buat lubang tanam sedalam 10 cm, masukkan batang ke dalam lubang tanam sekitar 1/3 dari panjang batang dan hindari peletakan mata tunas secara terbalik. Jika sudah, silahkan timbun bibit menggunakan tanah yang dipadatkan secara perlahan, kemudian siram secara teratur.
ADVERTISEMENT

Metode Setek Daun

pinterest.com
Selain batang tanaman, kamu pun bisa melakukan metode setek daun. Teknik ini dilakukan melalui potongan daun, namun kebanyakan tumbuhan memerlukan potongan daun beserta tangkainya karena biasanya akar baru akan tumbuh dari bagian tangkai daun tersebut.
Dalam melakukan setek daun, pastikan daun yang kamu gunakan sudah berumur tua dan masih berwarna hijau segar karena penggunaan daun yang sudah layu dan berwarna kuning akan sulit tumbuh. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan media tanam berupa tanah yang lembap dan gembur agar perkembangbiakan tumbuhan baru berlangsung lebih cepat.

Cara Setek Daun Cocor Bebek

remedygrove.com
Metode setek daun bisa kamu lakukan pada berbagai tanaman hias, salah satunya cocor bebek. Setelah kamu memilih beberapa lembar daun cocor bebek berumur tua dan segar, kamu bisa melakukan penyemaian dengan menanam daun cocor bebek pada tanah gembur yang telah dicampurkan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
ADVERTISEMENT
Saat melakukan setek daun cocor bebek, pastikan kamu menjaga kelembaban daun supaya tidak kering dengan membungkusnya memakai plastik dan menjauhkannya dari paparan langsung sinar matahari. Setelah dirawat selama 3 minggu, akar daun cocor bebek akan mulai muncul dan bisa kamu pindahkan setelah berumur 5 bulan.

Metode Setek Akar

carnivorousplantresource.com
Selain metode setek daun dan batang, terdapat satu metode lain yang sering dilakukan oleh para pecinta tanaman. Metode setek ini memanfaatkan akar yang diambil dari area tumbuhan induk, kemudian akar yang tumbuh secara lateral dipotong dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang antara 5 hingga 10 cm.
Nantinya, metode setek akar akan mengeluarkan tunas baru yang awalnya akan berbentuk menyerupai bintil atau berbentuk menyerupai bekas potongan semula yang nantinya berubah menjadi kalus.
ADVERTISEMENT

Cara Setek Akar Tumbuhan Stroberi

abahtani.com
Metode setek akar bisa kamu lakukan pada berbagai tanaman buah, salah satunya stroberi. Untuk melakukannya, silahkan siapkan media tanam berupa tanah yang dicampur pupuk kompos, lalu ambil sulur yang sudah tampak dari calon akar.
Setelah mendapatkan sulur yang tepat, tempelkan pada media tanam dan biarkan akar berkembang dan tumbuh. Jika sulur telah tumbuh, kamu pun bisa memindahkannya ke pot baru.
Metode setek di atas bisa dilakukan berdasarkan jenis tanaman yang ingin kamu tanam. Tertarik untuk menanam tanaman di taman kesayanganmu tumbuh secara rimbun dan asri? Tak ada salahnya untuk mencoba metode setek di atas sekarang juga!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan