kumparan
26 April 2019 21:49

Ingin Akhir Pekan Produktif di Rumah? Ikuti 5 Aktivitas Ini!

Setelah lima hari bekerja terus di kantor, bertemu pembeli, atau menjalani pendidikan yang begitu melelahkan, kamu membutuhkan waktu istirahat di akhir pekan. Tapi waktu istirahat juga tidak boleh berlebihan karena akan membuatmu semakin malas. Ada baiknya kalau kamu menjadikan akhir pekan lebih produktif dengan aneka kegiatan supaya bermanfaat bagi diri sendiri juga.
ADVERTISEMENT
Kelima aktivitas berikut ini bisa jadi referensimu untuk menghabiskan akhir pekan yang produktif, lho!

Awali hari dengan bangun tidur seperti biasa

perempuan bangun dari tidur di kasur
rd.com
Bagi kamu yang merasa waktu tidur saat hari biasa kurang, pasti ada pemikiran untuk balas dendam pada akhir pekan dan bangun lebih siang. Kebiasaan yang satu ini bukannya membuat kamu merasa segar, malah semakin mengantuk saja.
Walaupun ada waktu luang di akhir pekan, tetaplah bangun pagi seperti biasa dan melakukan rutinitas harian seperti mencuci muka dan menyiapkan sarapan, mengingat pentingnya sarapan pagi. Dengan demikian, kamu akan memiliki banyak waktu untuk melakukan aneka kegiatan dan menjadi lebih produktif di akhir pekan.

Merapikan rumah di akhir pekan

pria memegang vacuum cleaner di tengah ruangan kontemporer
themanual.com
Pada hari biasa, kamu akan berangkat pagi dan pulang malam. Sampai rumah, badan sudah lelah dan waktu luang hanya sedikit. Karena di akhir pekan tidak ada pekerjaan kantor, maka waktu luang pun cukup banyak.
ADVERTISEMENT
Manfaatkan waktu tersebut untuk merapikan rumah bersama dengan anggota keluarga yang lainnya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah memisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai dan menyusun kembali barang yang berantakan.
Bagi kamu yang bosan dengan suasana di rumah, waktu akhir pekan ini juga bisa dimanfaatkan untuk merombak bagian dalam rumah. Mengganti tirai jendela dan sarung bantal, atau memindahkan posisi furnitur bisa jadi ide bagus. Akhir pekan jadi lebih produktif dan rumah terlihat semakin indah.

Berolahraga tanpa beranjak dari rumah

ibu olahraga di atas mat yoga dengan bayi di sampingnya dalam rumah
verywellfit.com
Menjalani gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan mudah dari rumah. Salah satunya dengan berolahraga di akhir pekan. Bicara tentang olahraga, berolahraga itu tidak harus dilakukan di lapangan atau gym.
Pada dasarnya, kamu bisa berolahraga sendiri di dalam rumah dengan bantuan alat sederhana seperti barbel ataupun matras yoga. Banyak instruksi aerobik yang bisa kamu dapatkan secara online seperti dari YouTube. Mau sekadar sit up dan push up juga sudah termasuk olahraga kok!
ADVERTISEMENT

Bercocok tanam di akhir pekan

tanaman hias berupa bunga ungu dalam pot tanah liat di samping sekop dan sarung tangan
telegraph.co.uk
Bercocok tanam di akhir pekan adalah salah satu aktivitas yang sangat produktif untuk kamu. Tangan dan kakimu bergerak saat bercocok tanam atau memangkas rumput yang sudah terlalu tinggi, otakmu akan berpikir posisi mana yang tepat untuk meletakkan berbagai jenis tanaman, dan halaman rumah akan terasa teduh meski sedang musim kemarau.
Setelah menghabiskan akhir pekan untuk bercocok tanaman, menghirup aroma bunga dan rumput yang baru dipangkas juga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Hasil akhirnya, taman pun terlihat semakin indah.

Mencari hobi baru di rumah saat akhir pekan

cangkir dengan cat papan tulis kapur hitam untuk proyek diy pada akhir pekan
google.com
Berkat kemajuan teknologi, kamu bisa mencari hobi baru tanpa beranjak dari rumah. Caranya dengan browsing internet atau menonton video. Cobalah hal yang baru seperti memasak menggunakan resep ala anak kos atau menjalankan proyek DIY.
ADVERTISEMENT
Hobi baru yang dijalankan pada akhir pekan bisa saja menjadi penghasilan sampingan, lho! Misalkan kamu membuat cangkir kopi set dengan cat papan kapur tulis seperti pada inspirasi di atas. Tentu kamu bisa menjualnya.
Demikianlah kelima kegiatan di akhir pekan yang bisa kamu lakukan di rumah. Lakukan aktivitas-aktivitas tadi secara rutin tiap akhir pekan untuk menyingkirkan stres dan menambah semangat dalam menyambut hari biasa. Selamat berakhir pekan!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan