kumparan
12 Sep 2019 13:47 WIB

Lebih dari Penahan Kantuk, Simak 7 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

ADVERTISEMENT
Siapa yang suka minum kopi untuk menahan kantuk? Ada kabar baik untuk kalian, pasalnya kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Keuntungan dari kebiasaan minum kopi bukan hanya mitos belaka, melainkan sudah ada penelitian yang membuktikannya. Kandungan antioksidan yang dimiliki kopi lebih tinggi dibandingkan buah dan sayuran.
Tak hanya itu, masih banyak manfaat minum kopi untuk kesehatan. Simak saja ulasan Kania berikut agar kamu pun makin semangat untuk minum kopi!

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

news.ubc.ca
Kopi mengandung kandungan asam klorogenik yang mampu menyerap kadar gula pada sistem pencernaan manusia. Kandungan tersebut juga mampu membentuk GLP-1 yang akan menambah insulin.
Menurut penelitian yang dilakukan UCLA School of Public Health and Medicine, perempuan yang minum kopi empat cangkir sehari memiliki tingkat risiko terserang diabetes tipe 2 50 persen lebih rendah. Tentunya, minum kopi ini tidak disertai dengan pemakaian gula.
ADVERTISEMENT

Mencegah kanker

shutterstock.com
Kopi mengandung zat antioksidan yang mampu meredam kanker. Menurut penelitian, orang yang minum kopi sebanyak dua hingga tiga cangkir per hari memiliki risiko terkena kanker lebih kecil. Sejumlah kanker yang bisa dicegah dengan minum kopi di antaranya adalah kanker usus besar, kanker hati, kanker mulut, dan sejumlah kanker yang menyerang wanita.
Dilihat dari jenisnya, kopi espresso merupakan kopi terbaik untuk mencegah kanker. Di dalamnya, terkandung dua hingga tiga kali lebih banyak senyawa antikanker, dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Hindari pikun di masa muda

shutterstock.com
Penelitian di Swedia dan Denmark menyatakan bahwa orang dewasa yang minum kopi hingga lima cangkir per hari, memiliki peluang 65 persen terhindar dari pikun. Penyebabnya adalah antioksidan yang mampu mengurangi demensia vaskular. Kandungan kafein juga efisien untuk menyingkirkan kolesterol dan membuat kamu lebih berenergi.
ADVERTISEMENT

Cegah stroke dan penyakit jantung

pixabay.com
Stroke dan penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, tanpa melihat umur dan jenis kelamin seseorang. Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa minum kopi hitam tanpa gula sebanyak dua hingga tiga cangkir per hari.
Pasalnya kopi mengandung antioksidan untuk menurunkan jumlah mikro-molekul partikel lemak di dalam tubuh. Penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan stroke dan penyakit jantung pun bisa diminimalisir hingga 19 persen hanya dengan minum kopi secara rutin.

Menjaga kesehatan kulit dan mata

shutterstock.com
Siapa sangka kalau kopi memiliki banyak kandungan vitamin juga? Di antaranya ada vitamin B2, B3, B5, serta kalium, mangan, dan magnesium.
Vitamin B2 punya peran untuk menjaga kesehatan kulit dan mata. Sedangkan, vitamin-vitamin lainnya bisa menjaga sirkulasi darah dan mengubah lemak menjadi tenaga. Minum kopi untuk menahan kantuk sekaligus menjaga kesehatan kulit serta mata, nikmat rasanya!
ADVERTISEMENT

Mencegah tubuh terserang parkinson

transferencia.tec.mx
Penyakit parkinson menyerang kinerja saraf manusia. Akibatnya, si penderita mengalami kesulitan untuk menggerakkan sejumlah bagian tubuh dan otot menjadi kaku. Untungnya, minum kopi sudah teruji mampu menurunkan risiko serangan parkinson hingga 25 persen. Minum kopi dua atau tiga cangkir per hari sudah cukup ampuh.

Melindungi ginjal

shutterstock.com
Minum kopi secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi ginjal. Namun dalam jumlah yang tepat, kopi justru mampu melindungi ginjal dari beragam penyakit kronis. Minum kopi sebanyak dua cangkir setiap hari dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal hingga 25 persen.
Untuk mendapatkan manfaat baik dari minum kopi, pastikan untuk mengurangi jumlah pemakaian gulanya juga. Hindari minum kopi secara berlebihan karena akan membuatmu merasa cemas dan mengidap insomnia atau susah tidur. Jaga kesehatan dengan minum kopi secara bijak, ya!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan