Pencarian populer

Me Time Makin Seru, Ini 6 Cara Menciptakan Pojok Baca di Rumah

Membaca bisa jadi aktivitas menarik untuk mengisi waktu luang. Selain menambah pengetahuan dan membuka wawasan, membaca juga dapat menyegarkan pikiran sekaligus memberikan rasa tenang.

Nah, alangkah asiknya jika kamu memiliki spot khusus untuk membaca di rumah berupa pojok baca. Tidak perlu menyediakan ruangan khusus, cukup manfaat sudut-sudut kosong yang ada di dalam rumah untuk menghadirkan pojok baca.

Desain area pojok baca pun tidak perlu dibuat rumit. Penataan pojok baca bisa dilakukan secara sederhana dan disesuaikan dengan selera pribadi sehingga terasa nyaman dan lebih spesial. Beberapa trik ini dapat membantumu dalam menata pojok baca menjadi area favorit untuk me-time di rumah.

1. Ciptakan pojok baca pada area tanggung di rumah

houzz.com

Terdapat beberapa bagian di dalam rumah yang terasa nanggung dan kaku, seperti area di bawah atau samping tangga. Area seperti ini sebenarnya sangat tepat untuk dimanfaatkan sebagai pojok baca.

Mengisi bagian dinding area tersebut dengan rak buku dapat menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk membaca. Koleksi bukumu juga bisa tersimpan dengan baik di pojok baca seperti ini.

Jika kamu tidak suka dengan desain pojok baca yang terlalu meriah, cobalah melakukan penataan yang lebih minimalis pada pojok baca. Agar pojok baca tampil lebih dinamis, tempatkanlah furnitur dengan desain yang berbeda. Armchair antik dan rak buku kayu berdesain modern ternyata dapat menghasilkan perpaduan desain yang sempurna di pojok baca.

2. Hidupkan sudut ruangan yang kaku dengan pojok baca

Pojok baca tidak harus diletakkan pada area yang luas. Sudut ruangan yang kosong, seperti di depan dinding yang membatasi dua ruangan berbeda dapat dioptimalkan dengan menghadirkan sudut baca di sana. Untuk menampilkan kesan luas pada pojok baca di sudut ruangan ini, gunakanlah furnitur ramping, seperti desain rak buku dinding tanpa kaki ini.

Namun bukan berarti desain pojok baca jadi tampil apa adanya, area pojok baca pun bisa terlihat sama cantiknya dengan ruangan di sekitarnya, malah bisa lebih menarik perhatian. Lihat permainan tekstur yang diperlihatkan pojok baca ini. Kursi dan stool berbahan kulit bersanding serasi dengan side table metalik yang elegan dan throw bulu yang manis.

3. Sisakan ruang untuk pojok baca di kamar anak

Hobi membaca juga perlu diajarkan kepada anak-anak untuk memperluas imaginasi dan meningkatkan kreativitasnya. Mulai dengan menyisakan sedikit ruang di kamar anak untuk menghadirkan pojok baca.

Di pojok ruangan bisa ditempatkan rak buku terbuka dan ambalan, furnitur atraktif seperti bean bag bermotif dan ayunan bisa menjadi alas yang nyaman bagi si kecil. Hadapkan pojok baca ini ke arah jendela agar suasana membaca jadi terasa lebih menyegarkan dan si kecil pun tidak mudah bosan.

4. Optimalkan penggunaan ruangan yang sudah ada

Pojok baca bisa dihadirkan di mana saja, termasuk di dalam ruangan yang difungsikan untuk kegiatan berbeda. Ruang keluarga bisa menjadi pilihan jika kamu ingin membaca sambil menghabiskan waktu-waktu berkualitas dengan anggota keluarga lainnya. Sistem penyimpanan vertikal yang mengandalkan area dinding bisa diterapkan apabila tidak lagi tersedia ruang untuk menyimpan rak buku.

4. Manfaatkan bukaan lebar dan skylight untuk pojok baca

Pencahayaan jadi faktor penting dalam mendukung aktivitas membaca. Sumber pencahayaan alami tidak sekedar memberikan penerangan, namun juga membantu meningkatkan fokusmu. Area-area di dekat jendela dan di bawah skylight memberikan pasokan cahaya alami yang besar sehingga pas dioptimalkan dengan membuat pojok baca.

Jendela yang terletak pada bagian atap atau dinding yang miring (slanted wall) dan berhadapan langsung dengan dinding pembatas dapat menjadi pojok baca yang nyaman untuk kamu yang membutuhkan privasi lebih.

5. Hadirkan pojok baca di area mezanin

Jika sudah tidak ada lagi sudut kosong yang bisa dimanfaatkan sebagai pojok baca, lantai tambahan atau lantai mezanin bisa dijadikan alternatif. Tambahkan pencahyaan di plafon agar pojok baca yang terletak di area mezanin tidak gelap, pilih pencahayaan berwarna kuning agar cahaya yang dihasilkan tidak terlalu silau.

Selain itu, pojok baca pada mezanin juga bisa memiliki fungsi lebih. Bagian bawah mezanin bisa dialokasikan sebagai tempat penyimpanan.

Kehadiran pojok baca di rumah dapat jadi tempat rekreasi baru untuk rehat dari rutinitas. Nah, dengan menerapkan beberapa trik di atas kamu pun jadi bisa memiliki pojok baca sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.38