Pencarian populer
Ada Lebih dari 3 Ton Emas dan Perak di Selokan Kota-kota Swiss
Proses pembuatan emas. (Foto: Reuters/Umit Bektas)
Sampah-sampah di selokan di Indonesia biasanya adalah dedaunan, plastik, atau benda-benda bekas pakai lainnya. Namun di Swiss, selokannya penuh dengan kandungan emas dan perak, jumlahnya lebih dari 3,4 ton!
Diberitakan Reuters, kandungan logam mulia ini dilaporkan oleh para peneliti pemerintah pada Kamis (12/10). Menurut mereka tahun lalu, terdeteksi 3 ton perak dan 43 kg emas di selokan dan saluran pengolahan air bersih. Jika diuangkan, jumlahnya mencapai 3 juta franc Swiss, lebih dari Rp 56 miliar.
Tapi jangan harap emas-emas ini dalam bentuk perhiasan seperti gelang, cincin, atau kalung. Para peneliti mengingatkan bahwa kandungan logam mulia sangat kecil, dalam bentuk partikel-partikel. Emas dan perak ini adalah limbah dari industri farmasi, kimia, atau pabrik jam tangan mewah.
"Anda mendengar soal pria atau wanita yang marah dan membuang perhiasan ke toilet, tapi sayangnya kami tidak menemukan cincin," kata seorang peneliti Bas Vriens.
"Kadar emas atau perak sangat kecil, dalam mikrogram, atau bahkan nanogram, tapi jika dijumlahkan cukup besar," lanjut Vriens.
Peneliti juga mengatakan upaya mengumpulkan emas dan perak di selokan untuk dilebur kembali dianggap tidak efektif dan terlalu memakan banyak biaya.
Kandungan emas terbanyak ditemukan di selokan kota Jura. Di kota ini memang banyak pembuat jam tangan yang menghiasi produk mewah mereka dengan emas. Begitu juga di wilayah Ticino karena banyak tempat pemurnian emas.
Para peneliti juga menemukan kandungan logam langka seperti gadolinium.
Ini bukan kali pertama kekayaan Swiss tersangkut di selokan. Bulan lalu, polisi menemukan dua toilet yang tersumbat uang kertas senilai lebih dari Rp 1,5 miliar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: