• 0

Agar Tidak Dijarah Tentara Suriah, Warga Aleppo Bakar Harta Benda Sendiri

Agar Tidak Dijarah Tentara Suriah, Warga Aleppo Bakar Harta Benda Sendiri



Kehancuran di kota Aleppo, Suriah

Kehancuran di kota Aleppo, Suriah (Foto: Reuters/Omar Sanadiki)
Warga kota Aleppo di Suriah membakar harta benda mereka seiring berakhirnya peperangan di kota tersebut. Tindakan ini dilakukan lantaran mereka tidak rela harta mereka dijarah oleh tentara Suriah dan sekutunya, militan yang dibekingi Iran.
Seperti disampaikan saksi mata kepada Reuters, Selasa (13/12), warga di Aleppo terlihat membakar barang-barang yang tidak bisa dibawa bersama mereka, mulai dari foto-foto, buku, pakaian hingga mobil. Rencananya setelah peperangan di Aleppo usai, mereka akan dievakuasi ke tempat aman.
Baku tembak di Aleppo yang berlangsung selama bertahun-tahun terhenti setelah dicapai gencatan senjata yang disepakati oleh Rusia, rezim pemerintah Bashar al-Assad, dan Turki. Dalam kesepakatan tersebut, warga dan pasukan pemberontak yang masih bertahan diperbolehkan pergi dengan selamat dari Aleppo.
Evakuasi yang rencananya dimulai pada subuh Rabu pekan ini sepertinya akan molor hingga Kamis karena alasan yang belum diketahui, seperti disampaikan pernyataan lembaga pengamat Syrian Observatory for Human Right. Kelompok oposisi menyalahkan tentara Suriah dan pasukan militan Syiah atas keterlambatan evakuasi tersebut.
Gempuran di Aleppo disebut sebagai konflik terburuk dalam riwayat perang sipil Suriah yang telah berlangsung sejak tahun 2011. Ratusan orang diperkirakan tewas dalam gempuran Suriah yang dibantu Rusia di Aleppo, jumlah pasti korban terbunuh tidak diketahui.
Diperkirakan terdapat lebih dari 400 ribu korban tewas dalam perang di Suriah. Aleppo mungkin telah jatuh ke tangan Assad, namun masih banyak wilayah lainnya di Suriah yang dikuasai militan pemberontak.

NewsInternasionalSuriahKisah RelawanAleppo

500

Baca Lainnya