• 1

AS dan Iran Liburkan Kedutaan di Turki Usai Pembunuhan Dubes Rusia

AS dan Iran Liburkan Kedutaan di Turki Usai Pembunuhan Dubes Rusia



Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov Ditembak Seorang Pria Bersenjata

Dubes Rusia untuk Turki Andrei Karlov ditembak seorang pria bersenjata di sebuah galeri Seni di Turki (Foto: Burhan Ozbilici)
Amerika Serikat dan Iran meliburkan kedutaan besar mereka di Turki menyusul serangan yang menewaskan duta besar Rusia di Ankara, Senin (19/12).
Amerika Serikat dalam akun Twitter kedutaan mereka di Turki mengatakan seluruh pelayanan pada Kedutaan AS di Ankara dan Konsulat AS di Istanbul dan Adana diliburkan pada Selasa (20/12), sehari setelah penembakan yang menewaskan Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov.

Iran juga meliburkan kedutaan mereka di Ankara pada Selasa menyusul insiden tersebut. Pemerintah Iran juga menerapkan hal yang sama untuk konsulat mereka di Istanbul, Trabzon dan Erzurum.
"Seluruh pelayanan konsuler di konsulat Iran di Istanbul, Trabzon dan Erzurum akan ditutup pada Selasa, 20 Desember. Kami menyerukan seluruh warga Iran untuk menghindari mengunjungi lokasi itu," ujar pernyataan Kedutaan Iran di situs mereka.
Baik Rusia dan Iran adalah negara pendukung utama rezim Bashar al-Assad di Suriah dalam menyerang oposisi bersenjata di Aleppo. Pembunuh Karlov sempat berteriak "jangan lupakan Aleppo" setelah melontarkan sedikitnya delapan peluru dari pistolnya.
Sementara itu keamanan di Kedutaan Besar Rusia di Ankara ditingkatkan. Presiden Vladimir Putin menyerukan peningkatan keamanan juga dilakukan di kantor perwakilan Rusia di seluruh dunia.


Breaking NewsNewsPenembakanPenembakan Dubes RusiaInternasional

500

Baca Lainnya