• 1

Audit China Temukan Kejanggalan Anggaran, 3.000 Orang Dihukum

Audit China Temukan Kejanggalan Anggaran, 3.000 Orang Dihukum



Polusi Udara di China

Bendera China berkibar di tengah polusi udara (Foto: APexchange)
Lebih dari 3.000 orang dihukum menyusul ditemukannya kejanggalan anggaran saat dilakukan audit oleh pemerintah China.
Diberitakan Reuters, Jumat (23/12), auditor China menemukan kejanggalan pada anggaran tahun lalu. Kantor Audit Nasional China mengatakan mereka telah mengoreksi data anggaran bermasalah yang nilainya mencapai 160 miliar yuan atau lebih da Kantor Audit Nasional China mengatakan mereka telah mengoreksi data anggaran bermasalah yang nilainya mencapai 160 miliar yuanri Rp309 triliun.
Dalam laporan kantor audit kepada parlemen China tidak dirinci lebih lanjut anggaran dari departemen mana yang paling bermasalah.
Kantor audit China mencatat ada 3.229 orang yang dihukum atas kejanggalan anggaran tersebut. Tidak dijelaskan apa hukuman yang akan diberikan kepada mereka, namun biasanya kasus ini akan dirujuk ke pengadilan dan pelakunya bisa dipenjara.
Kasus ini adalah bagian dari upaya pemerintah Xi Jinping dalam memberantas korupsi. Sejak memimpin tahun 2012, Xi mengatakan akan menghapuskan korupsi di semua tingkat pemerintahan, "dari lalat hingga macan".
Salah satu fokus utama Xi adalah memberantas korupsi di kemiliteran. Jenderal-jenderal China ditangkapi karena menerima korupsi dan suap, di antara mereka pernah menduduki posisi tinggi di Partai Komunis China.
Dalam laporannya tahun ini, pemerintah China mengatakan telah menghukum hampir 300 ribu pejabat korup pada 2015. Sebanyak 200 ribu di antaranya diberikan hukuman ringan sesuai dengan nilai korupsinya, dan 82 ribu lainnya diberi hukuman berat.
Pada April lalu Mahkamah Tinggi Rakyat China korupsi hingga lebih dari 3 juta yuan bisa mendapatkan hukuman mati.

NewsChinaKorupsiInternasional

500

Baca Lainnya