• 0

Australia: Pesawat Hercules Nahas Laik Terbang saat Diserahkan

Australia: Pesawat Hercules Nahas Laik Terbang saat Diserahkan



Pesawat Hercules milik TNI AU saat diserahterimakan dari RAAF Australia.

Pesawat Hercules milik TNI AU saat diserahterimakan dari RAAF Australia (8/2/2016). (Foto: RAAF Australia)
Pemerintah Australia mengatakan pesawat Hercules nahas yang jatuh di Wamena, Papua, dan menewaskan 13 orang laik terbang saat diserahkan ke TNI Angkatan Udara pada awal tahun ini.
Juru bicara Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, Laura Kemp, dalam pernyataannya kepada Kumparan.com, Senin (19/12), pesawat Hercules C-130 tersebut telah diperbaharui oleh Airbus Group Australia Pacific atas kontrak dengan pemerintah Indonesia sebelum diserahkan kepada TNI AU.
"Pesawat itu laik terbang saat diserahkan pada Januari. Tim kelaikan udara dari militer Indonesia juga telah melakukan uji coba selama beberapa minggu sebelum pesawat diterima secara resmi pada Februari," kata Laura.

Pasukan TNI

Apel Pasukan TNI di Jawa Timur (Foto: Didik Suhartono/Antara Foto)

Pesawat TNI AU C-130 Hercules bernomor ekor A-1334 yang membawa 13 awak itu mengalami musibah saat melakukan misi "navigation exercise" dan pengangkutan logistik Pemda Papua pada Minggu (18/12) pagi di Wamena.
Pesawat A-1334 dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon A Kawer dengan co-pilot Kapten Pnb J.Hotlan F Saragih dan navigator Lettu Nav Arif Fajar Prayogi terbang sari Lanud Timika Papua pada 05.35 WIT. Sebelum musibah terjadi, pada 06.02 WIT pesawat sempat kontak melalui radio dengan petugas tower di Wamena.
Laura mengatakan pemerintah Australia telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tewas dalam insiden tersebut.
"Menteri Pertahanan Australia, Senator Marise Payne, telah menyampaikan simpati secara personal kepada Menteri Pertahanan Ryamizard dan militer Indonesia," ujar Laura.


Pesawat HerculesTNI AUPesawat Hercules Jatuh di Wamena

500

Baca Lainnya