• 7

Bom Sisa Perang Dunia II Ganggu Natal di Jerman

Bom Sisa Perang Dunia II Ganggu Natal di Jerman



Kota Augsburg, Jerman, dikosongkan saat bom sisa Perang Dunia II dijinakkan.

Kota Augsburg, Jerman, dikosongkan saat bom sisa Perang Dunia II dijinakkan. (Foto: Stefan Puchner/dpa via AP)
Peringatan Natal di sebuah kota di Jerman terganggu akibat ditemukannya bom sisa Perang Dunia II. Puluhan ribu warga kota harus rela meninggalkan rumah mereka saat bom raksasa itu dijinakkan.
Diberitakan Associated Press, warga kota Augsburg harus bergegas meninggalkan rumah mereka di minggu Natal, Minggu (25/12). Ada sekitar 54 ribu orang di kota itu yang diangkut menggunakan ratusan bus oleh aparat pada pagi Natal.
Aparat menetapkan radius aman dari penduduk seluas 1.500 meter saat penjinak bom mematikan sumbu detonator peledak itu. Kota terancam luluh lantak jika upaya menjinakkan bom gagal.
Bukan tanpa alasan juru bicara polisi Augsburg menyebutnya sebagai "mega bom". Berat bom itu 1,8 ton, panjangnya dua meter, jika meledak mampu meluluhlantakkan sebagian dari kota itu.
Bom yang dijatuhkan pasukan Inggris pada Perang Dunia itu ditemukan pekan lalu dalam penggalian untuk keperluan konstruksi. Bom ini dijuluki "blockbuster", dijatuhkan pasukan sekutu untuk menghancurkan beberapa blok bangunan di titik sasaran.
Tim penjinak bom harus mematikan tiga detonator yang telah tertutup tanah keras selama puluhan tahun. Butuh waktu 11 jam hingga akhirnya bom itu berhasil dijinakkan. Setelah dirasa aman, warga boleh kembali ke rumah mereka.
Penemuan bom sisa Perang Dunia II bukan hal baru di Jerman. Diperkirakan ada sekitar 3.000 bom yang masih tertanam di bawah tanah kota Berlin saja, belum ditambah bom-bom lainnya di bagian lain negara itu.
Evakuasi terbesar akibat penemuan bom terjadi di kota Koblenz, barat Jerman, pada tahun 2011. Sekitar 45 ribu orang terpaksa diungsikan saat bom itu dijinakkan.

NewsBomJermanInternasional

500

Baca Lainnya