• 0

Clinton Unggul Jutaan Suara, Tapi Trump Tetap Juaranya

Clinton Unggul Jutaan Suara, Tapi Trump Tetap Juaranya




Donald Trump Vs Hillary Clinton

Donald Trump memenangi Pemilu AS (Foto: Rina Nurjanah/kumparan)
Hillary Clinton telah dipastikan unggul jumlah suara dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat pada 8 November lalu. Namun tetap saja Donald Trump menjadi juaranya.
Dalam hasil penghitungan pemilu akhir yang telah direvisi dari 50 negara bagian dan diumumkan di situs US Elections Atlas, Clinton unggul dari Trump hingga hampir 2,9 juta suara. Clinton mendapatkan 65.844.610 (48,05%), sementara Trump 62.979.879 (46,1%).
Walau menang banyak dalam jumlah suara, namun Clinton bukanlah pemenang pemilu. Karena sejatinya pemilu 8 November lalu bukanlah "one man-one vote" tetapi hanya menentukan perolehan jumlah pemilih electoral untuk tahap selanjutnya: Electoral College.
Trump memenangkan negara bagian kunci, yaitu Texas, Florida, Georgia dan Pennslyvania. Pemenang suara di negara bagian berhak mendapatkan seluruh pemilih electoral atau yang dikenal dengan sistem winner-takes-all.
Menanggapi hasil penghitungan suara ini, Trump mengatakan Clinton salah strategi kampanye. Clinton gagal merebut simpati dari negara-negara bagian kunci.
Menurut Trump, dia bisa saja unggul dalam pemilu 8 November jika serius mengincarnya.
Trump juga memenangkan electoral College awal pekan ini. Rencananya dia akan dilantik sebagai presiden pada 20 Januari mendatang di Washington DC.


Donald TrumpNewsPemilu ASAmerika SerikatInternasional

500

Baca Lainnya