• 1

Kabut Polusi Parah Ubah Beijing jadi Abu-abu

Kabut Polusi Parah Ubah Beijing jadi Abu-abu



Polusi Udara di China

Polusi udara di Beijing, China yang tampak dari atas sebuah gedung (Foto: APexchange)
Kota Beijing awal pekan ini berubah warna menjadi abu-abu. Kabut polusi parah menyelimuti ibukota China itu, memaksa warga memakai masker saat keluar rumah jika tidak ingin pernafasannya terganggu.
Pada Selasa lalu pemerintah China mengeluarkan "peringatan merah", tingkat tertinggi dalam skala empat tingkat sistem peringatan polusi negara itu. Menurut laporan Greenpeace Asia Timur yang dikutip Associated Press, sekitar 200 juta warga terdampak polusi parah ini.

Polusi Udara di China

Seorang ibu menutupi hidungnya dari polusi udara di jalanan (Foto: APexchange)
Dalam pencatatan Greenpeace, tingkat polusi China pekan ini 12 kali lipat dari ambang batas pencemaran udara WHO.
Tingkat polusi dihitung berdasarkan jumlah PM2,5, partikel beracun berukuran 2,5 mikron yang bisa terhirup manusia, di udara. Standar aman WHO untuk jumlah PM2,5 adalah 25 mikrogram per meter kubik.
Pada Selasa lalu, jumlah PM2,5 di Beijing mencapai 300 mikrogram. Di beberapa kota China bahkan melampaui 500 mikrogram per meter kubik.

Polusi Udara di China

Polusi udara di Beijing, China membuat warganya harus menggunakan masker (Foto: APexchange)
Jika terhirup dalam jumlah besar, PM2,5 bisa merusak jaringan paru-paru. Pekan ini, jumlah pasien anak dengan gangguan pernafasan membengkak di seluruh rumah sakit Beijing. Dalam berbagai foto di media sosial, terlihat para orang tua yang mengenakan masker membawa anak-anak mereka berobat.
Kabut tebal juga membuat 169 penerbangan di Bandara Internasional Beijing dibatalkan. Selasa lalu jarak pandang di landasan pacu bandara hanya 300 meter, dianggap tidak aman untuk penerbangan.

Polusi Udara di China

Seorang perempuan menyeberang jalanan yang penuh polusi dengan menggunakan masker. (Foto: APexchange)
Beijing adalah salah satu kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia, terutama karena banyaknya pabrik yang mengandalkan penggunaan batu bara dan membludaknya jumlah kendaraan bermotor.
Upaya China mengurangi emisi gas karbon selalu gagal, terutama karena kebutuhan pemenuhan produksi. Lebih dari 700 perusahaan diperintahkan berhenti produksi pada Selasa lalu, dan polisi menerapkan sistem ganjil-genap bagi kendaraan bermotor.

Polusi Udara di China

Polusi udara di Beijing, China membuat warganya harus selalu menggunakan masker ketika di luar ruangan (Foto: APexchange)
Kabut pekat abu-abu baru menyingkir dari Beijing pada Kamis ini, setelah cuaca menjadi berangin. Jumlah PM2,5 di Beijing hari ini turun menjadi 50, aman bagi warga. Pemerintah Beijing juga telah mencabut peringatan berbahaya.

LingkunganNewsPolusiChinaInternasional

500

Baca Lainnya