• 3

Karena Tweet Trump Setitik, Rusak Saham Sebelanga

Karena Tweet Trump Setitik, Rusak Saham Sebelanga



Presiden Amerika Serikat Terpilih, Donald Trump

Donald Trump, sumber: Youtube (Foto: Rina Nurjanah)
Belum juga dilantik presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah membuat perusahaan-perusahaan resah. Kali ini yang gusar adalah produsen jet tempur Lockheed Martin yang sahamnya anjlok lantaran sebuah tweet milik Trump.
Dalam tweetnya seperti yang diberitakan Reuters, Jumat (23/12), Trump mengadu domba antara Lockheed dan Boeing, rival dalam produksi jet tempur untuk militer Amerika Serikat dan sekutunya. Dalam tweetnya, Trump meminta Boeing untuk menurunkan harga F-18 Super Hornet untuk menandingi F-35 Lockheed yang harganya selangit.
F-18 saat ini dibanderol dengan harga 60,9 juta dolar Amerika, sekitar Rp800 miliar, sementara F-35 dijual antara 98 juta-116 juta dolar Amerika (Rp1,3 triliun-1,5 triliun) tergantung tipenya.
Akibat tweet Trump itu, saham Lockheed Martin anjlok 1,3 persen pada penutupan Jumat menjadi 249,59 dolar Amerika. Nilai pasar perusahaan yang bermarkas di Maryland itu langsung turun sekitar US$1,2 miliar.

Jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin

Jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin (Foto: Dok. US Air Force)
Sebaliknya, tweet Trump menguntungkan Boeing dengan kenaikan saham 0,5 persen.
Sebelumnya pada awal bulan ini, Trump telah men-tweet akan memotong miliaran dolar Amerika dari anggaran belanja pertahanan. Trump pekan ini juga telah bertemu dengan perwakilan Boeing dan Lockheed, meminta mereka menurunkan harga pesawat.
Lockheed awal bulan ini mengatakan tengah mencari cara agar harga F-35 bisa diturunkan hingga lebih dari 60 persen pada 2019 dan 2020.
Sementara Boeing sedang putar otak memenuhi tuntutan Trump soal diskon harga pesawat presiden Air Force One. Trump mengancam akan membatalkan kontrak dengan Boeing jika harganya tidak bisa dipangkas.
Ini bukan kali pertama Trump membuat perusahaan-perusahaan Amerika ketar-ketir dengan tweetnya. Sebelumnya presiden terpilih AS ini mengancam tidak akan memakan lagi biskuit Oreo karena akan dibuat di Meksiko. Trump juga mengancam Apple untuk segera memindahkan pabrik mereka ke Amerika.

Donald TrumpNewsAmerika SerikatPesawatInternasional

500

Baca Lainnya