• 0

Lima Bus Pengungsi Dibakar di Suriah

Lima Bus Pengungsi Dibakar di Suriah



Bus pengungsi dibakar militan Suriah

Bus yang akan membawa pengungsi di desa Idlib dibakar militan di Suriah. (Foto: Ammar Abdullah/Reuters)
Lima bus yang seharusnya mengangkut pengungsi di Suriah dibakar kelompok militan. Akibat serangan ini, arus pengungsian dari wilayah terdampak perang di Suriah terhambat.
Lembaga pengawas Syrian Oservatory for Human Rights seperti dikutip Reuters mengatakan insiden yang terjadi pada Minggu (18/12) menimpa bus-bus yang akan menjemput para pengungsi dari desa mayoritas Syiah di Idlib.
Dalam foto yang diunggah Reuters, terlihat bus-bus berwarna hijau menghitam akibat terbakar api. Sebelumnya bus yang berangkat dari Aleppo itu tertahan selama berjam-jam sebelum bisa masuk ke wilayah kekuasaan pejuang oposisi Suriah.
Media rezim Bashar al-Assad di Damaskus mengatakan serangan itu dilakukan oleh "teroris bersenjata".
Pengakuan berbeda disampaikan oleh kelompok oposisi. Mereka mengatakan massa yang diduga pro-pemerintah berada di balik pembakaran bus-bus itu. Akibat insiden ini upaya evakuasi warga terhambat.
Observatory mengatakan, evakuasi warga Aleppo masih terus berjalan kendati tersendat. Robert Mardini, direktur regional Komisi Palang Merah Internasional (ICRC), mengatakan bus dan ambulans Bulan Sabit Merah Arab Suriah telah meninggalkan Aleppo Timur membawa para pengungsi.
Menurut stasiun berita al-Ihkbariya, sekitar 1.200 warga sipil akan dievakuasi dari Aleppo dan desa-desa di sekitarnya. Sementara televisi al-Manar mengatakan akan ada 2.500 warga di desa al-Foua dan Kefraya yang mayoritas Syiah di Idlib akan dievakuasi.
Evakuasi dilakukan setelah gencatan senjata disepakati oleh Suriah, Rusia dan Turki pekan lalu.

SuriahAleppoNewsInternasional

500

Baca Lainnya