• 4

Pelaku Tabrakan Truk Maut di Berlin Tertangkap

Pelaku Tabrakan Truk Maut di Berlin Tertangkap


Truk yang Menabrak Kerumunan Warga di Pasar Natal Berlin

Petugas berjaga di sekitar truk yang menabrak kerumunan warga di Pasar Natal Berlin (Foto: Michael Sohn/AP)
Pelaku tabrakan truk maut yang menewaskan 12 orang di pasar Natal, Berlin, Jerman berhasil dibekuk polisi. Aparat masih mencari tahu identitas pelaku dan motif tindakan tersebut.
Diberitakan Reuters, kepolisian Jerman pada Senin (19/12), mengatakan pelaku ditangkap sekitar 100 meter dari lokasi kejadian saat mencoba kabur. Seorang pelaku lainnya dalam truk Scania hitam itu tewas saat truk menabrak warga yang berkerumun di depan pondok kayu penjual wine dan sosis.
Polisi belum menyebutkan identitas pelaku. Namun berbagai media Jerman yang mengutip sumber kepolisian mengatakan, pelaku kemungkinan berasal dari Afghanistan atau Pakistan dan masuk ke negara itu pada bulan Februari sebagai pengungsi.
Sebanyak 12 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya terluka dalam peristiwa itu. Para korban mengalami patah tulang parah dan luka dalam, termasuk pendarahan dan kerusakan organ dalam. Operasi terhadap para korban dilakukan semalaman, dan para dokter yang sedang libur terpaksa dipanggil untuk membantu perawatan.
Truk tersebut diketahui terdaftar asal Polandia. Pemilik truk, Ariel Zurawski mengaku tidak tahu menahu atas kejadian itu. Dia mengatakan truk yang seharusnya dikemudikan oleh sepupunya itu dibajak.
Motif tindakan itu belum diketahui. Menteri Dalam Negeri Jerman Thomas de Maiziere juga juga belum berani mengatakan insiden truk maut itu adalah sebuah serangan, kendati banyak bukti yang menuju ke arah sana.
"Kami belum memiliki kesimpulan apa pun terkait peristiwa ini. Saya tidak ingin menggunakan kata 'serangan' walau banyak yang mengarah ke sana," kata de Maiziere.

Breaking NewsNews Insiden Truk BerlinInternasionalTerorisme

500

Baca Lainnya