• 1

Polisi Jerman: Pelaku Sengaja Tabrakkan Truk ke Kerumunan Warga di Berlin

Polisi Jerman: Pelaku Sengaja Tabrakkan Truk ke Kerumunan Warga di Berlin



Truk menabrak kerumunan warga di Berlin, Jerman, menewaskan 12 orang

Truk menabrak kerumunan warga di Berlin, Jerman, menewaskan 12 orang (Foto: Reuters/Hannibal Hanschke)
Penyelidik dari kepolisian Berlin, Jerman, menyimpulkan tabrakan truk ke arah kerumunan warga di pasar Natal dilakukan dengan sengaja oleh pengemudinya. Peristiwa yang menewaskan 12 orang dan melukai 48 lainnya ini diduga kuat adalah serangan terorisme.
"Para penyelidik kami menyimpulkan truk itu sengaja diarahkan ke kerumunan warga di pasar Natal Breitscheidplatz," kata polisi Jerman melalui akun Twitter mereka seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/12).
Truk Scania hitam itu melaju dengan kencang dan menghantam warga dekat pondokan kayu pedagang wine dan sosis pada Senin malam. Pelaku yang kabur berhasil ditangkap tidak jauh dari lokasi tersebut, seorang lainnya ditemukan di jok penumpang truk dalam keadaan tewas.
Belum diketahui identitas pelaku dan motifnya.
Awalnya pemerintah Jerman menahan diri untuk menyatakan bahwa insiden itu adalah sebuah "serangan". Dari hasil penyelidikan kali ini, kepolisian kemudian menindaklanjuti dengan penyelidikan dugaan terorisme.
"Semua langkah-langkah penyelidikan polisi terkait dugaan serangan teroris di Breitscheidplatz dilakukan dengan cepat," kata pernyataan kepolisian Jerman lagi.
Insiden kali ini membangkitkan kenangan buruk soal serangan di Nice, Perancis, pada Juli yang menewaskan 86 orang. Pelaku, seorang pria kelahiran Tunisia, menabrakkan truk seberat 19 ton ke arah warga yang tengah menyaksikan kembang api di Hari Bastille. ISIS mengklaim berada di balik serangan tersebut.


Breaking NewsNewsInsiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasional

500

Baca Lainnya