• 1

5.000 Orang Dievakuasi Saat Gempa Guncang Chile

5.000 Orang Dievakuasi Saat Gempa Guncang Chile



Update gempa chile (bukan untuk cover)

Gempa melanda pulau Chiloe, bagian selatan Chile. (Foto: Alvaro/REUTERS)
Ribuan orang dievakuasi setelah gempa berkekuatan 7,6 skala richter mengguncang wilayah pesisir Chile di hari Natal, Minggu (25/12). Belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa dalam bencana ini.
Getaran gempa yang terasa hingga pegunungan Andes di Argentina ini memicu kepanikan di tengah perayaan Natal di Chile. Ribuan orang langsung berhamburan keluar rumah, mencari tempat tinggi setelah sirine peringatan tsunami berbunyi.
Mereka berlari, menggunakan mobil dan menunggang kuda demi menghindari tsunami. "Itu adalah ketakutan terbesar dalam hidup saya," kata Denisse Alvarado, penduduk di desa nelayan Quellon, pulau Chiloe, salah satu pusat wisata di Patagonia.
Badan Bencana Nasional Chile, Onemi, mencabut perintah evakuasi dan peringatan tsunami selang tiga jam setelah gempa mengguncang. Sebanyak 5.000 orang yang dievakuasi diperbolehkan kembali ke rumah mereka.
Sebelumnya peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah sekitar 1.000 km dari pusat gempa, sekitar 39 km lepas pantai Quellon. Peringatan ini kemudian diturunkan menjadi "pengamatan tsunami". Akibat peringatan ini, delapan pelabuhan kecil ditutup.

Update Gempa Chile

Titik pusat gempa 7,6 SR yang melanda Chile. (Foto: USGS)
Sejauh ini belum dilaporkan adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
"Ini adalah berita bagus untuk saat ini, kita tidak perlu berduka cita atas kematian akibat gempa di selatan. Tujuan kita adalah mengembalikan kehidupan seperti normal lagi di komunitas yang terdampak," kata Presiden Chile Michelle Bachelet.
Menurut data USGS, gempa itu relatif dangkal dengan kedalaman hanya sekitar 34,6 km dari permukaan tanah. Namun saksi mengatakan kerusakan akibat gempa tidak terlalu parah.
"Banyak guncangan di sini, tapi tidak ada rumah yang ambruk. Menakutkan, barang-barang di dalam rumah berjatuhan," kata Alamiro Vera, pemilik Hotal Cabanas di Quellon.
"Tiba-tiba semua berguncang, berguncang dan berguncang. Saya kira rumah ini akan ambruk dan tanah terbuka karena guncangan sangat kencang dan suaranya keras," ujar warga lainnya, Alvarado.
Chile menjadi langganan gempa karena terletak di "Cincin Api Pasifik. Tahun 2010 negara ini diguncang lindu berkekuatan 8,8 skala richter, menewaskan 525 orang.

Breaking NewsNewsGempa 7,6 SR ChileGempaInternasional

500

Baca Lainnya