• 3

Shinzo Abe Jadi PM Jepang Pertama yang Sambangi Monumen Pearl Harbor

Shinzo Abe Jadi PM Jepang Pertama yang Sambangi Monumen Pearl Harbor



Kunjungan Shinzo Abe ke Hawaii

Shinzo Abe di Tugu Peringatan Pearl Harbor. (Foto: Hugh Gentry/Reuters)
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan menyambangi pangkalan militer Pearl Harbor di Hawaii pada Selasa waktu setempat (27/12). Sebelum ke Pearl Harbor, Abe menyempatkan diri meletakkan karangan bunga di monumen korban perang di Hawaii.
Seperti diberitakan Associated Press, Abe pada Senin (26/12) mendarat di Pangkalan Militer Gabungan Pearl Harbor-Hickam lalu menuju Makam Pahlawan Pasifik. Di makam yang terletak di Honolulu ini, Abe meletakkan karangan bunga dan mengheningkan cipta.
Dia kemudian menyambangi monumen bagi sembilan pemuda dan pria yang tewas saat kapal selam Angkatan Laut AS menabrak kapal nelayan Jepang pada tahun 2001. Di Monumen Ehime Maru, dia kembali meletakkan karangan bunga dan menundukkan kepala.
Pada Selasa waktu Hawaii, dia akan menjadi perdana menteri Jepang pertama yang mengunjungi monumen untuk mengenang korban serangan Jepang ke Pearl Harbor. Serangan pada 7 Desember 1941 itu menyeret Amerika Serikat dalam kancah Perang Dunia II.
Sebelumnya memang pernah ada pemimpin Jepang yang juga datang ke Pearl Harbor, yaitu PM Shigeru Yoshida. Namun itu terjadi enam tahun setelah Jepang menyerah dalam Perang Dunia II, dan monumen belum dibangun.
Yoshida tiba di Pearl Harbor pada 1951 dan menyaksikan langsung lokasi serangan Jepang yang menewaskan lebih dari 2.000 tentara AS dan melukai 1.000 lainnya.
Monumen itu akan ditutup untuk umum saat Abe mendatanginya. Abe akan ditemani oleh Presiden AS Barack Obama yang tengah berlibur di Hawaii saat ini.
Kunjungan Abe akan menjadi perlambang transformasi hubungan kedua negara, dari musuh menjadi sahabat. AS kini merupakan sekutu utama Jepang, terutama dalam menghadapi ancaman China di kawasan.
Pemerintah Jepang menegaskan Abe tidak akan meminta maaf atas serangan ke Pearl Harbor. "Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menghormati korban perang dan bukan meminta maaf," kata Ketua Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga.
Kedatangan Abe juga dilakukan selang enam bulan setelah Obama menjadi presiden AS pertama yang mendatangi korban bom atom Hiroshima di penghujung Perang Dunia II

NewsTragedi Pearl HarborJepangAmerika SerikatInternasional

500

Baca Lainnya