kumparan
18 Jul 2017 13:06 WIB

Sinyal Radio Aneh Tertangkap dari Bintang, Alien?

Ilustrasi bintang-bintang di Galaksi Bima Sakti (Foto: Skeeze via Pixabay)
Para ilmuwan menangkap sinyal "yang sangat aneh" berasal dari salah satu bintang. Berbagai teori bermunculan soal sinyal ini, apakah makhluk luar angkasa atau alien termasuk di dalamnya?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari The Independent, Senin (17/8), denyut sinyal radio datang dari Ross 128, bintang kecil yang masuk dalam konstelasi bintang virgo, berdasarkan ahli astronomi dari pusat pengamat antariksa Aricebo Observatory di Puerto Rico.
Sinyal itu unik dan aneh karena spesifik hanya berasal dari Ross 128, bukan bintang yang lain dan bukan hasil dari intervensi radio.
Para ilmuwan mengatakan ada tiga kemungkinan penyebab kemunculan sinyal aneh tersebut.
Pertama, sinyal datang dari bintang itu, mirip matahari ketika mengeluarkan suar atau solar flare. Kedua, sinyal datang dari tempat lain di konstelasi yang sama di angkasa. Ketiga, sinyal berasal dari satelit orbit tinggi yang berputar di sekitar Bumi.
Namun kemungkinan-kemungkinan ini bisa dibantah. Sinyal suar matahari biasanya terjadi di frekuensi yang lebih rendah dibanding yang keluar dari Ross 128. Tidak ada obyek lain dekat Ross 128 yang bisa mengeluarkan sinyal itu. Dan satelit tidak pernah mengeluarkan sinyal radio seperti itu.
ADVERTISEMENT
Artinya apakah ini kerjaan alien? Para ilmuwan meragukan sinyal tersebut datang dari makhluk luar angkasa.
"Jika anda bertanya kepada kami, hipotesa soal alien ada di deretan paling bontot dari berbagai penjelasan lainnya yang lebih baik," kata Abel Mendez, ahli astrobiologi dan direktur Planetary Habilitability Laboratory, di Puerto Rico.
Mendez mengatakan tim ahli masih belum memastikan dari mana sinyal itu berasal.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan