• 0

Sopir Truk Maut Berlin Masih Buron, Eropa Siaga Penuh

Sopir Truk Maut Berlin Masih Buron, Eropa Siaga Penuh



Truk menabrak kerumunan warga di Berlin, Jerman, menewaskan 12 orang

Truk menabrak kerumunan warga di Berlin, Jerman, menewaskan 12 orang (Foto: Reuters/Hannibal Hanschke)
Ibukota Jerman sedang berada dalam kondisi siaga tinggi pada hari Selasa, tanggal (20/12) karena supir truk maut yang menewaskan 12 orang di pasar Natal Berlin masih belum buron.
Pelaku menabrakkan truk bermuatan baja itu ke arah warga di warung-warung meriah pasar Natal. Selain belasan korban tewas, sedikitnya 48 orang terluka. Tindakan ini diduga sebagai "serangan teror".
Satu-satunya tersangka saat ini adalah seorang suaka asal Pakistan yang ditahan tidak lama setelah pertumpahan darah - namun ia pun dilepaskan oleh polisi pada hari Selasa karena tidak cukup bukti.
Pada sore harinya, kelompok militan ISIS lewat kantor media mereka, Amaq, mengklaim berada di balik serangan itu. ISIS mengatakan, pelakunya adalah seorang "prajurit" yang menanggapi panggilan untuk menyerang negara-negara yang memerangi kelompok tersebut di Iraq dan Suriah.
"Prajurit" adalah sebutan ISIS untuk menggambarkan serangan perseorangan yang terinspirasi dengan pola pikir mereka. Meskipun begitu, motif tindakan pelaku dalam serangan di Berlin masih belum diketahui.
Kepala kepolisian Berlin, Klaus Kandt, mengakui pasar Natal yang diserang kurang mendapatkan pengamanan, seperti pagar beton. "Kita tidak bisa mengubah pasar Natal menjadi benteng," Kandt balas.
Kanselir Jerman Angela Merkel mengecam serangan itu dengan mengatakan, "Kami tidak ingin ketakutan melumpuhkan kehidupan kami."
Peristiwa ini juga memicu kewaspadaan dari negara-negara Eropa lainnya. Italia salah satunya, yang menyatakan akan meningkatkan keamanan untuk acara Natal, termasuk pada penampilan Paus Fransiskus di Lapangan Santo Petrus di Vatican City.
Warga Ceko juga berjanji meningkatkan keamanan mereka di saat acara-acara publik pada Natal. Perancis yang pernah mengalami serangan serupa di Nice yang menewaskan 87 orang juga akan meningkatkan keamanan di pasar Natal.
Amerika Serikat sebelumnya pada bulan lalu mengeluarkan peringatan perjalanan khusus untuk warganya setelah mendapatkan "informasi kredibel" bahwa kelompok radikal Islam menargetkan perayaan-perayaan saat musim liburan.

Breaking NewsNewsInsiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasional

500

Baca Lainnya