• 0

Sopir Truk Maut di Berlin Adalah Pengungsi Pakistan

Sopir Truk Maut di Berlin Adalah Pengungsi Pakistan




Bus menabrak pasar Natal di Berlin, Jerman

Bus menabrak pasar Natal di Berlin, Jerman (Foto: Reuters/Fabrizio Bensch)
Sopir truk maut yang menewaskan 12 orang di Berlin disebut adalah imigran dari Pakistan. Pelaku yang belum diketahui namanya ini masuk ke Jerman tahun lalu sebagai pengungsi.
Informasi tersebut disampaikan oleh media Jerman dari sumber aparat lokal yang dikutip Reuters, Selasa (20/12). Pelaku sempat melarikan diri, namun berhasil ditangkap aparat tidak jauh dari lokasi kejadian di pasar Natal Breitscheidplatz.
Stasiun televisi lokal yang dikutip Reuters mengatakan pelaku bernama "Naved B" masuk ke Jerman melalui Passau, kota yang berbatasan dengan Austria pada 31 Desember 2015. Sumber kepolisian mengatakan pria itu lahir pada 1 Januari 1993 di Pakistan itu tinggal di bandara tua Flughen Tempelhof yang kini dijadikan tempat pengungsian dan dikenal polisi karena kerap melakukan kejahatan kecil.
Kepolisian Jerman telah menyimpulkan bahwa pelaku melakukan tindakan itu dengan sengaja. Dia mengendarai truk itu dengan kecepatan tinggi dan menabrakkannya ke kerumunan warga, menewaskan 12 orang dan melukai 48 lainnya. Menurut polisi, truk itu dicuri seseorang dari sebuah lokasi konstruksi di Polandia.
Jika laporan ini benar, maka akan semakin memicu sentimen negatif terhadap para imigran di Jerman yang jumlahnya lebih dari satu juta orang. Kebanyakan mereka kabur dari konflik atau kemiskinan di negara-negara Timur Tengah dan Afrika.
Jumlah pengungsi yang besar ini membuat popularitas Kanselir Jerman Angela Merkel terpuruk dan dukungan terhadap partai sayap kanan terus meningkat. Anggota senior partai anti-imigran Alternatif untuk Jerman (AfD), Marcus Pretzell, di akun Twitternya menyalahkan Merkel atas peristiwa di Berlin tersebut.

Breaking NewsNewsInsiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasional

500

Baca Lainnya