• 0

Sukses di Electoral College, Trump Dipastikan Jadi Presiden Amerika Serikat

Sukses di Electoral College, Trump Dipastikan Jadi Presiden Amerika Serikat



Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump

Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump (Foto: Reuters/Lucas Jackson)
Donald Trump telah dipastikan menjadi presiden Amerika Serikat ke-45 setelah sukses menyabet mayoritas suara dalam electoral college. Tidak ada hambatan berarti bagi Trump melalui tahap terakhir pemilu ini walau ada beberapa orang dari Partai Republik yang membelot.
Berdasarkan penghitungan Associated Press, Senin (19/12) Trump memperoleh 304 suara dan Hillary Clinton hanya 227 suara. Perlu lebih dari 270 suara untuk memenangkan tahapan ini.
Electoral college digelar di 50 negara bagian dan diikuti 538 pemilih electoral yang terpilih. Jumlah pemilih electoral pendukung capres ditentukan berdasarkan kemenangan di negara bagian dengan sistem winner-takes-all pada pemilu 8 November lalu.
Biasanya electoral college adalah sebuah formalitas, namun tahun ini sedikit berbeda. Sebelum pemilihan digelar beredar isu pembelotan dari kubu Partai Republik atas kepemimpinan Trump yang tidak didukung banyak warga AS.
Namun kenyataannya, justru ada sedikitnya empat pemilih electoral dari Partai Demokrat yang membelot dan tidak memilih Clinton. Sementara dari kubu Partai Republik hanya ada dua orang yang membelot.
Pemilu kali ini juga disebut yang paling memecah belah AS. Terpilihnya Trump memicu gelombang protes besar di negara itu. Pasalnya Trump menggelorakan retorika anti-Islam, imigran dan penghinaan terhadap wanita.
Trump dalam pernyataannya dalam menanggapi hasil electoral college mengatakan akan memperbaiki keretakan di tengah masyarakat AS.
"Saya akan bekerja keras untuk menyatukan negara kita dan menjadi presiden untuk semua warga Amerika," kata Trump.

Donald TrumpNewsPemilu ASAmerika SerikatInternasional

500

Baca Lainnya