• 0

Tidak Ada WNI yang Terluka dalam Tragedi Truk Maut Berlin

Tidak Ada WNI yang Terluka dalam Tragedi Truk Maut Berlin



Truk menabrak kerumunan warga di pasar Natal Belin, menewaskan 12 orang.

Truk menabrak kerumunan warga di pasar Natal Belin, menewaskan 12 orang. (Foto: Reuters/Pawel Kopczynski)
Kementerian Luar Negeri Indonesia memastikan tidak ada WNI yang terluka dalam insiden truk maut di Berlin, Jerman. Peristiwa itu menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai puluhan lainnya.
Direktur Perlindungan WNI di Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan Kedutaan Besar RI di Berlin telah berkoordinasi dengan otoritas setempat setelah sebuah menabrak pasar Natal.
"Hasil komunikasi dengan otoritas setempat tidak ada WNI yang menjadi korban sejauh ini," kata Iqbal, Selasa (20/12).
Insiden ini terjadi pada Senin malam waktu setempat. Truk Scania hitam yang dibajak dengan kecepatan tinggi menabrak kerumunan warga di depan sebuah pondokan penjual wine dan sosis di pasar Natal Berlin.
Sebanyak 12 korban tewas dan 48 lainnya terluka. Korban luka mengalami patah tulang parah dan luka pada organ dalam. Dokter di Berlin bekerja semalaman untuk mengoperasi para korban.
Iqbal mengatakan ada 21.613 WNI di Jerman, sebanyak 2.886 di antaranya terdapat di Berlin.
"KBRI akan terus memantau dan komunikasi dengan otoritas setempat dan simpul-simpul WNI di Berlin dan sekitarnya," kata Iqbal.
Belum diketahui motif atas insiden tersebut dan pemerintah Jerman masih belum berani mengatakan ini adalah serangan yang berlandaskan terorisme.

Breaking NewsNewsInsiden Berlin Insiden Truk BerlinInternasional

500

Baca Lainnya