• 2

Untuk Pertama Kalinya Rumania Akan Dipimpin Wanita Muslim

Untuk Pertama Kalinya Rumania Akan Dipimpin Wanita Muslim



Sevil Shhaideh, wanita Muslim calon perdana menteri Rumania

Sevil Shhaideh, wanita Muslim calon perdana menteri Rumania (Foto: AP Photo/Octav Ganea)
Seorang wanita Muslim dari kelompok minoritas di Rumania ditunjuk untuk memimpin negara itu. Jika telah disahkan menjadi perdana menteri, maka dia akan menjadi pemimpin wanita sekaligus Muslim pertama di Rumania.
Wanita bernama Sevil Shhaideh ditunjuk oleh partai pemenang pemilu 11 Desember, Partai Sosial Demokrat, untuk menjadi perdana menteri. Penunjukkannya oleh pemimpin partai, Liviu Dragnea, itu mengejutkan karena nama Shhaideh tidak banyak dikenal di negara itu.
Dikutip dari Associated Press, Rabu (21/12), Shhaideh yang berasal dari kelompok minoritas Muslim Tatar memang anggota partai, namun tidak mengajukan diri menjadi anggota parlemen. Ekonom berusia 52 tahun ini pernah menjadi menteri perkembangan regional Rumania selama enam bulan pada 2015, dan saat ini merupakan pejabat tinggi di kementerian tersebut.
Lazimnya pemimpin partai pemenang pemilu yang akan menjadi perdana menteri Rumania. Namun Dragnea terganjal kasus kecurangan pemilu sehingga tidak memenuhi kualifikasi menjadi PM baru. Dragnea membantah tudingan itu.
Kebanyakan karier Shhaideh berlangsung di Constanta, sebuah kota pelabuhan Laut Hitam, bukan di ibukota Bukarest. Dia dikenal bersahabat dengan Dragnea.
Shhaideh bersuamikan seorang pengusaha asal Suriah dan memiliki tiga properti di negara yang tengah berkonflik itu.
Jika pencalonannya telah disahkan oleh Presiden Klaus Iohannis, maka Shhaideh akan mencetak sejarah menjadi PM wanita dan Muslim pertama Rumania.
Tidak banyak wanita Muslim yang pernah menjadi pemimpin di negara Eropa, dan biasanya hanya di negara mayoritas Muslim. Contohnya Tansu Ciller, PM Turki pada 1990-an, dan Atifete Jahjaga, Presiden Kosovo dari 2011 hingga 2016.
Selain itu, lebih dari 80 persen warga Rumania adalah penganut Kristen Ortodoks, hanya 1 persen yang memeluk agama Islam.

NewsRumaniaInternasionalIslamMuslim

500

Baca Lainnya