• 4

Pengamanan Kedubes Rusia di Jakarta Ditingkatkan

Pengamanan Kedubes Rusia di Jakarta Ditingkatkan



Para Pengunjung Diperiksa di Kedubes Rusia

Keamanan Kedubes Rusia di Rusia diperketat (Foto: Viry Alifiyadi)
Kedutaan Besar Rusia di Jakarta meningkatkan keamanan menyusul pembunuhan terhadap dubes mereka di Turki. Langkah ini sesuai dengan perintah Presiden Vladimimr Putin kepada kantor perwakilan Rusia di seluruh dunia.
Berdasarkan pemantauan kumparan, pemeriksaan lebih ketat diterapkan terhadap para wartawan yang akan meliput konferensi pers Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikhail Y Gulazin pada Rabu (21/12).
Dalam undangan konferensi pers tersebut, Kedubes Rusia mewajibkan awak media membawa surat keterangan bertugas dari kantor mereka. Setibanya di lokasi konferensi pers, yaitu di kediaman Dubes Rusia, wartawan diminta menitipkan kartu identitas di pos penjaga.
Sebelum memasuki gerbang rumah Dubes, setiap bawaan diperiksa baik secara manual atau dengan detektor logam. Menurut sebagian wartawan, hal ini tidak terjadi dalam konferensi pers dengan Dubes sebelumnya.
"Dulu enggak pakai gini-gini," kata seorang di antara mereka.
Umar, petugas kemanan di rumah Galuzin membenarkan jika pengamanan telah ditingkatkan. "Pengamanan memang meningkat. Ada penebalan jumlah personel," kata Umar.
Galuzin mengatakan bahwa peningkatan keamanan telah dilakukan sesuai dengan perintah Putin setelah pembunuhan Dubes Rusia di Turki, Andrey Karlov, Senin lalu. "Hal itu benar bahwa akan ada peningkatan kemanan. Bagaimana detailnya belum," kata Galuzin.
Namun dia menegaskan, kendati pengamanan diperketat pelayanan Kedutaan Rusia tetap buka seperti biasanya.
"Kami akan menguatkan pengamanan dan juga fasilitas diplomatik, tetapi kita tetap akan buka. Kami tetap akan melakukan aktivitas diplomatik, kami tetap akan menerima media. Seperti halnya kenferensi pers hari ini," kata Galuzin.
"Ini untuk menunjukkan kami tidak takut. Kami tetap akan konsisten untuk melawan aksi terorisme," lanjut dia.

Breaking NewsNewsPenembakanPenembakan Dubes RusiaInternasional

500

Baca Lainnya