• 3

JABAR 2018 : Ridwan Kamil & Dedi Mulyadi seperti SBY & Jokowi

JABAR 2018 : Ridwan Kamil & Dedi Mulyadi seperti SBY & Jokowi



Pilgub Jabar masih harus menunggu setahun lagi, tapi dua tokoh ini terus menjadi perbincangan di Media Sosial dan Media Online nasional yakni Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi. Mereka berdua adalah salah dua dari beberapa tokoh pemimpin populer yang berasal dari Jawa Barat saat ini. Sama-sama pemimpin dengan reputasi yang baik bagi daerahnya masing-masing. Tapi jika melihat sosok keduanya sebenarnya ada dua karakter kepemimpinan yang berbeda.
Ridwan Kamil adalah tokoh yang mewakili perkotaan karena kebetulan beliau adalah walikota bandung. Kelasnya sangat terlihat karena beliau adalah arsitek yang handal. Gagah ganteng dan intelek karena beliau adalah lulusan ITB serta memiliki Smart City yang menjadi percontohan nasional. Karakter Ridwan Kamil mengingatkan kita akan Presiden RI ke 6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono. Modern dan Karismatik.
Sementara Dedi Mulyadi dikenal sebagai orang desa yang merakyat. Turun langsung kebawah membaur dengan masyarakat pedesaan karena memang beliau adalah Bupati Kabupaten Purwakarta yang memiliki banyak wilayah pedesaannya. Bahkan keberhasilan membangun desa ala Dedi Mulyadi membawanya ke New York Amerika Serikat untuk berbicara di PBB di depan 700 kepala daerah dari 90 negara pada event International Young Leadership Assembly setahun yang lalu. Karakter Dedi Mulyadi ini mengingatkan kita akan Joko Widodo yang saat ini menjadi Presiden RI ke 7. Ndeso tapi Mendunia.
SBY adalah Presiden Indonesia 2 periode. Pada masanya ketokohan SBY tidak ada yang bisa menandingi. Begitu pun Jokowi, karakternya kepemimpinannya sehingga dapat melesat menjadi Gubernur DKI dan Presiden RI dalam waktu yang sangat singkat. Dimasanya karakter Jokowi juga belum ada yang bisa menandingi.
Menarik mengingat Jawa Barat adalah Provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia, menurut DPT Pilpres 2014 ada 31,8 juta pemilih. Geografi dan Demografi yang luas dengan karakter tiap daerah yang berbeda beda. Akankah pemimpin seperti 'SBY' atau seperti 'Jokowi' yang memimpin Jabar ke depan ? atau mungkin keduanya dalam satu paket 'SBY + Jokowi' ?
Politik sangat dinamis, kita tunggu saja perkembangan Jabar 2018 kedepannya. (dch)

Ridwan KamilPilgub Jabar 2018Dedi Mulyadi

presentation
500

Baca Lainnya