Opini & Cerita
·
18 September 2020 9:50

Para Santri Rumah Quran Desa Berdaya Bojong Panen Kangkung

Konten ini diproduksi oleh Desa Berdaya Rumah Zakat
Para Santri Rumah Quran Desa Berdaya Bojong Panen Kangkung (30792)
Melalui program Kami Bahagia Di Rumah yaitu dengan mengadakan budidaya ikan dalam ember, para santri Rumah Quran Pondok Pesantren Amal Jama'i Desa Berdaya Bojong dibantu Relawan Inspirasi Rumah Zakat Miftahul Ulum akhirnya bisa memanen kangkung yang ditanam bersamaan dengan ikan lele dalam ember (budikdamber).
ADVERTISEMENT
“Kami Bahagia Di Rumah” sendiri merupakan tagar yang dikampanyekan Rumah Zakat melalui Kegiatan Centre Of Excellence Literasi dan Vokasi di Desa Berdaya. Filosofinya mengambil dari pengertian awal sekolah yang diambil dari bahasa Yunani Skhole yang artinya waktu senggang. Waktu senggang disini adalah cara memanfaatkan waktu luang yang ada antara waktu sarapan di pagi hari sampai waktu makan siang. Kegiatan di waktu ini bisa di isi dengan melukis, bermusik, olahraga, masak, mengaji, berkebun dan kegiatan apapun sesuai dengan visi keluarga atau minat anak.
Beberapa Desa Berdaya yang sudah menerapkan #KamiBahagiaDirumah merasakan perbedaan pola belajar yang lebih baik dibandingkan sebelum ada kegiatan #KamiBahagiaDirumah, karena mereka bahagia dengan mengikuti kegiatan yang di laksanakan di Desa Berdaya. Anak mendapatkan kegiatan lain yang membahagiakan mereka di luar pembelajaran sekolah yang dilaksanakan di rumah.
ADVERTISEMENT
Upaya ini di galakkan guna mengimbangi kondisi anak yang merasa bosan selama PJJ agar tetap bisa sehat secara mental sehingga dapat menerima pelajaran dengan optimal dan menyenangkan. Hal ini juga yang dilakukan di desa berdaya Bojong.
Para Santri Rumah Quran Desa Berdaya Bojong Panen Kangkung (30793)
Sejak Juli lalu para santri Rumah Quran diajarkan melalui pelatihan ketahanan pangan yaitu budikdamber, akhirnya di September ini (10) para santri sudah bisa memetik hasilnya. Panen kali merupakan panen kedua, yang sebelumnya sudah dipanen di bulan Agustus bulan lalu.
Para Santri Rumah Quran Desa Berdaya Bojong Panen Kangkung (30794)
Program ini selain menjadi bekal ilmu baru bagi para santri, juga menjadi pembelajaran dan percontohan bagi masyarakat di desa. Bisa menjadi alternatif program tambahan dalam mengisi waktu luang anak-anak selama di rumah saja. Menjadikan anak-anak lebih bahagia dengan memiliki aktivitas khusus merawat tanaman dan ikan lele. Aktivitas budikdamber ini dilakukan anak-anak santri di Desa Berdaya Bojong di sela-sela waktu menghafal Al-Quran. Subhanalloh.
ADVERTISEMENT
#Rumah Zakat #CenterOfExcellece #LiterasidanVokasi #DesaBerdaya