Opini & Cerita
·
31 Agustus 2020 13:32

Berani untuk Memulai Sesuatu yang Baru

Konten ini diproduksi oleh Dihveenah Aubrey
Kalian pernah gak sih punya keinginan tapi takut untuk mencoba? Atau selalu punya rencana tapi gagal terus? Nah di sini, aku mau coba bahas nih dari pendapat seorang visual artist Korea, Christian Yu, tentang sebuah keberanian untuk memulai sesuatu yang Baru.
Berani untuk Memulai Sesuatu yang Baru  (89974)
searchPerbesar
Sumber : instagram.com/dprian
DPR +IAN atau lebih akrab dikenal sebagai Christian Yu, memulai karirnya sebagai anggota Boyband Korea, C-Clown, di tahun 2012. Selang 3 tahun berlalu, C-Clown diumumkan resmi membubarkan diri. Dia kemudian beralih profesi menjadi Visual Artist.
ADVERTISEMENT
Berawal dari kegemarannya untuk merekam sesuatu, kini ia menjadi salah satu Visual Artist ternama di bawah label musik miliknya, Dream Perfect Regime (DPR). Lalu, apa yang memotivasinya untuk berani mengambil langkah baru sebagai Visual Artist ?
Melalui siaran langsung di Instagram, @dprian, pada tanggal 3 Maret 2020, ia menyampaikan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memulai sesuatu baru, khususnya Visual Artist.
Berhenti untuk memikirkan dan mulai untuk melakukannya
Hal yang paling penting adalah berhenti untuk memikirkannya dan kerjakan itu.
Ketika kamu ingin memulai sesuatu yang baru, terkadang banyak sekali pertanyaan yang muncul tentang bagaimana untuk memulainya, atau apa yang harus dilakukan supaya bisa menjadi sekeren role model-mu, atau mungkin pertanyaan sederhana seperti kategori/ genre apa yang akan dipilih.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, pertanyaan seperti itu nantinya justru membuat dirimu akan semakin ragu karena ketakutan. Tidak ada gunanya hanya duduk terdiam dan memikirkannya, jadi cobalah dari hal paling simple yang bisa kamu lakukan.
Christian sendiri menceritakan bahwa dirinya suka membayangkan untuk bisa men-visualkan sebuah lagu. Setelah itu ia akan tanpa ragu untuk mengambil handphone lalu mencari inspirasi keluar dan merekamnya. Kemudian ia kembali ke rumah dan mengeditnya dengan belajar secara otodidak melalui tutorial di salah satu platform populer, Youtube.
Mencari teman-teman yang bisa memberi feedback dan support
Yang terpenting adalah kalian harus punya teman yang mendukungmu melakukan hal ini, teman yang bisa jadi tempat buat kamu berbagi atau share hasil karyamu.
Teman adalah partner awal terbaik untuk memulai karir yang ingin kamu tekuni. Ketika karya pertamamu sudah jadi,tugas selanjutnya adalah membagikan itu kepada orang terdekatmu dan dengarkan feedback dari mereka.
ADVERTISEMENT
Christian mengatakan apabila beberapa orang mungkin beruntung mempunyai koneksi untuk berada di lingkungan itu. Tapi apabila kamu tidak punya, itulah tugasmu untuk keluar dan mencarinya karena banyak sekali komunitas film, musik, atau seni lainnya.
Yang perlu dilakukan hanyalah terus mencari dan nantinya kamu sendiri tidak akan sadar bahwa kamu sudah mencapainya.
Tidak selamanya bisa merencanakan apa yang harus dilakukan
Kamu tidak bisa merencanakan semuanya, kalau itu emang bukan apa-apa .
Ada kalanya ketika kamu sudah yakin ingin memulai, hal selanjutnya yang biasa kalian lakukan adalah membuat to-do-list supaya pencapaianmu bisa lebih jelas.
Tapi hal seperti ini justru bisa membuat kita jadi mundur karena memikirkan kemungkinan akan kegagalan yang ada. Jadi, selama kamu terus berusaha, nanti juga akan kelihatan hasilnya seperti apa, kok!
ADVERTISEMENT
Tidak menjadikan rasa khawatir sebagai prioritas
Tidak apa-apa kalau kamu khawatir, tapi jangan jadikan itu prioritas.
Memang wajar kalau kamu khawatir karena kita semua juga manusia yang punya perasaan seperti itu. Tapi ada baiknya kamu tidak terlalu fokus dengan kekhawatiranmu itu. Hal ini nanti bisa membuatmu menjadi over-thinking dan takut, yang kemudian membuatmu jadi ragu untuk maju.
Membuat diri bahagia dengan cara apapun
Menjadi bahagia atau menjadi sedih, itu adalah pilihan. Itu tergantung bagaimana kamu melihatnya.
Christian mengatakan apabila kebahagiaan itu harus bisa diraih di dalam diri sendiri dahulu. Bila tidak merasa bahagia, buatlah dirimu untuk menjadi lebih baik supaya itu bisa membantumu untuk bergerak lebih maju lagi.
Kebahagiaan adalah tanggung jawab diri sendiri, bukan orang lain. Kalau kamu jatuh dan mau berdiri, itu karena kamu. Kalau kamu jatuh dan hanya terdiam saja, itu juga karena kamu sendiri. Tapi kalau kamu bisa memilih yang baik, kenapa harus memilih yang buruk, kan?
ADVERTISEMENT
Jangan menyerah untuk terus berusaha
Kalau aku bisa melakukannya, maka kamu juga pasti bisa! Kenapa? Karena kita semua manusia, yang artinya kita semua punya cara berpikir yang sama, cuma kita terpengaruh dengan bagaimana kita dilahirkan.
Christian mengatakan cara kita berpikir dan tumbuh menjadi dewasa terpengaruh dengan lingkungan tempat tinggal kita. Tidak ada orang yang tidak bisa selama kita mau melakukannya. Ketika kamu merasa bahwa kamu 'berbeda' dari lingkunganmu dan ingin mengembangkan dirimu, maka lakukan lah!
Christian menceritakan apabila dirinya dulu juga diremehkan oleh senior yang bekerja di dunia perfilman jauh lebih lama darinya. Tapi dia tidak terlalu menanggapi itu dan tetap berjalan.
Dia juga sempat dikatakan bahwa dia bisa sukses sekarang karena dia didukung dengan uang yang banyak. Tapi dia mengatakan berulang-ulang apabila semuanya itu hasil kerja keras dan passion.
Dia juga menegaskan untuk mengabaikan setiap orang yang meremehkanmu atau bahkan tidak mendukungmu supaya kamu bisa terus berjalan maju ke depan tanpa ragu.
ADVERTISEMENT
Christian Yu sendiri memulai karirnya sebagai visual team bersama dengan Scott Kim / DPR REM. Ia memulai dari project kecil hingga project sebesar ‘Wake Me Up’ milik Taeyang Bigbang, ‘Holup!’ milik Bobby Ikon dan ‘Body’ milik Mino Winner.
Kini ia menjadi Film Director dan Chief Editor di agensi miliknya, DPR. Gimana nih, apakah kamu mulai terinspirasi untuk berani menekuni passion kalian mulai sekarang ?
Simak juga profile video dari DPR ini ya :