kumparan
26 Agustus 2017 18:46

1.500 ATM BNI Terkena Dampak Gangguan Satelit Telkom 1

Mobile ATM BNI
Mobile ATM BNI (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Satelit Telkom 1 sejak Jumat sore (25/8) mengalami gangguan, yang berpengaruh ke layanan yang dipakai konsumen seperti perbankan, namun untuk saat ini layanan tersebut sudah berangsur normal.
ADVERTISEMENT
Corporate Secretary BNI Ryan Kiryanto mengungkapkan, sebagaimana beberapa bank lain, BNI juga terdampak gangguan jaringan Telkom 1. Namun hanya sekitar 1.500 ATM yang terdampak dari 16.000 ATM yang dimiliki BNI. Karena ATM BNI tidak semuanya menggunakan jaringan satelit.
"Sebagian besar pakai jaringan non-satelit. Jadi ATM-ATM yang menggunakan jaringan satelit hanya di lokasi-lokasi yang tidak memungkinkan pakai jaringan non-satelit," katanya kepada kumparan (kumparan.com), Sabtu (26/8).
Untuk itu, nasabah BNI diharapkan tetap tenang, karena jauh lebih banyak ATM BNI yang tetap berfungsi normal. Nasabah juga bisa menggunakan fasilitas e-channel BNI lainnya untuk bertransaksi, yakni dengan e-banking dan m-banking.
"BNI yakin recovery satelit Telkom 1 akan dapat segera ditangani dengan baik sehingga layanan semua ATM yang terkoneksi bisa aktif normal lagi," kata Ryan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan