Pencarian populer

Buka Data Kapal, Susi Disangka Jual Rahasia Negara

Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan (Foto: Dok. KKP)
Beberapa waktu yang lalu, aktor Hollywood Leonardo DiCaprio memuji Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti karena kinerjanya dalam memberantas illegal fishing dan membuka data Vessel Monitoring System (VMS).
ADVERTISEMENT
Meski demikian, hal tersebut tak serta-merta membuat Susi menjadi jumawa. Bahkan ia mengatakan sempat dituduh menjual rahasia negara.
"Data-data kapal yang tangkap ikan kami kerja sama dengan Google, tapi saya malah disangka jual rahasia negara. Sekarang ini zaman keterbukaan, transparansi, you can see everybody garden. But you want to hide your ocean? I don't get it," ujar Susi dalam Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7).
Susi juga mengatakan, dengan adanya keterbukaan data VMS yang bisa dilihat secara real time tersebut dapat melindungi laut Indonesia. Dengan demikian, kehidupan di bawah laut akan tetap terjaga, ikan-ikan di Indonesia semakin banyak, dan berkualitas.
"You the same like me, you can defense, you can to protect to continue, the fish for our generation," katanya.
ADVERTISEMENT
Ia juga mengakui beberapa kebijakannya tak disukai banyak orang. Namun menurutnya, kebijakan itu penting untuk membawa perubahan Indonesia menjadi lebih baik.
"Terlepas dari ada beberapa kelompok yang tidak suka dengan policy karena kita menuju perubahan. Tidak ada perubahan yang bikin nyaman. Reforming is a big word," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80