Pencarian populer

Di Kongres Diaspora, Sri Mulyani Cerita Alasannya Balik ke Indonesia

Sri Mulyani di acara Diaspora Indonesia. (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kota Kasablanka, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Seperti diketahui, Kongres Diaspora Indonesia merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk berbagi pengalaman dengan orang-orang di Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri (diaspora) untuk membahas berbagai isu ekonomi dan sosial budaya dengan tujuan meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia di Tanah Air maupun luar negeri. Pada tahun ini merupakan kongres terbesar yang dihadiri oleh sekitar 9 ribu peserta.
Selain Sri Mulyani, beberapa tamu undangan lainnya yakni mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Luar Negeri Retno Marsudirini, pemeran Power Ranger Yoshi Sudarso, dan lainnya.
Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menceritakan alasannya untuk balik ke Indonesia. Salah satunya karena kecintaannya pada Tanah Air.
ADVERTISEMENT
"Kenapa saya kembali ke Indonesia karena saya merasa Indonesia deserve to be served the best people," ujarnya saat berdiskusi di Diaspora Indonesia, Kota Kasablanka Jakarta, Sabtu (1/7).
Sri Mulyani di acara Diaspora Indonesia. (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
Sri Mulyani juga mengatakan, Indonesia adalah negara yang sangat berkembang dengan cepat dibandingkan dengan negara lainnya di dunia. Terbukti, saat krisis tahun 1997-1998 Indonesia masih memiliki perekonomian yang bisa dikatakan relatif baik dibandingkan negara lainnya.
"Indonesia even when crisis still have money. Indonesia sebagai negara berkembang cepat kita butuh investasi ke negara, pendidikan dan kesehatan. Semua wilayah di Indobesia harus memiliki pendidikan dan kesehatan yang sama," jelasnya.
Bahkan dalam kesempatan itu, Sri Mulyani juga mengatakan kerinduannya dengan Indonesia ketika berada di AS.
ADVERTISEMENT
"Apa yang membuat saya enggak bisa tidur biasanya udara panas, lalu ada tukang sate. Sama seperti Pak Obama," ucapnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80