Pencarian populer

Pulang ke Indonesia, Sri Mulyani Bangga Jadi Menteri Keuangan Jokowi

Sri Mulyani di acara Diaspora Indonesia. (Foto: Nicha Muslimawati/kumparan)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merupakan mantan diaspora di Amerika Serikat (AS) yang pernah bekerja di Bank Dunia selama enam tahun. Dalam perjalanan kariernya, wanita tiga anak ini banyak menerima penghargaan dari dalam maupun luar negeri.
ADVERTISEMENT
Namun pada tahun lalu, Sri Mulyani memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan menerima pinangan Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Keuangan.
Lalu apa yang membuat Sri Mulyani bangga sebagai Menteri Keuangan?
Sri Mulyani di OECD (Foto: Facebook/Sri Mulyani Indrawati)
Menurutnya, timnya di Kementerian Keuangan bekerja dengan sangat baik dan berkomitmen. Hal itu yang membuatnya bangga menjadi Menteri Keuangan.
"Banyak tim saya yang betul-betul dedicated. Dari Bea Cukai menangkap penyelundup narkoba, atau tim mengumpulkan pajak meskipun enggak tercapai tapi saya tahu mereka rupiah demi rupiah kumpulkan. Deadline terakhir tax amnesty kami tunggu hari terakhir mereka enggak tidur tiga shift. Ini suatu pengabdian mereka commited itu saya sangat bangga," ujar Sri Mulyani di Kongres Diaspora Indonesia ke-4, Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7).
ADVERTISEMENT
Obama di Kongres Diaspora Indonesia ke-4. (Foto: Antara/Rosa Panggabean)
Bahkan menurutnya, ada momen mengharukan yang ia baca di laman facebook miliknya. Saat itu, lanjut dia, seseorang memberikan komentar di facebooknya dan menceritakan pengalamannya tertinggal sebuah dompet.
"Di facebook saya ada yang mengatakan 'saya kemarin pulang bu dari penerbangan sampai Indonesia sudah sangat malam'. Dia grogi isi form imigrasi, tanpa sadar dompetnya tertinggal dan realize di taksi. Dia balik lagi ke counter Bea Cukai dompetnya disimpan petugas Bea Cukai ditali ditutup dan rapi, itu jarang diberitakan yang bikin saya bangga," jelasnya.
Obama di Kongres Diaspora Indonesia ke-4. (Foto: Antara/Rosa Panggabean)
Ia pun bercerita tentang momen membanggakannya ketika tax amnesty. Dia mengaku ada seseorang yang ia temui mendeklarasikan hartanya berupa gitar.
"Banyak yang ikut tax amnesty dan banyak yang declare bahkan ada yg declare gitar. Hal-hal kecil yang 'I wanna be honest' mereka ingin membuat negara ini jadi baik," katanya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86